kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Paus Fransiskus Menjalani CT Scan Selama Pemeriksaan di Rumah Sakit


Rabu, 28 Februari 2024 / 21:11 WIB
Paus Fransiskus Menjalani CT Scan Selama Pemeriksaan di Rumah Sakit
ILUSTRASI. Pope Francis presides over the funeral ceremonies of former Pope Benedict in St. Peter's Square at the Vatican, January 5, 2023. REUTERS/Yara Nardi


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - VATIKAN CITY. Paus Fransiskus yang tengah menderita influenza menjalani pemeriksaan singkat ke rumah sakit Tiber Island di Roma pada Rabu (28/2). Dan setelahnya, Paus Fransiskus Kembali ke Vatikan.

Dua sumber medis mengatakan kepada Reuters bahwa Paus yang berusia 87 tahun telah menjalani CT scan.

Baca Juga: Paus Fransiskus Masih Belum Sembuh dari Flu Ringan

Francis menjalani prosedur yang sama di rumah sakit yang sama pada bulan November, setelah serangan influenza lainnya. Pemindaian ini memungkinkan dokter melihat gambaran internal tubuh pasien secara detail.

Gambar yang disiarkan televisi menunjukkan Fiat putih terdaftar di Vatikan – model yang biasa digunakan Paus Fransiskus – meninggalkan fasilitas medis di pusat kota Roma sekitar tengah hari (11.00 GMT).

Paus sebelumnya melewatkan pembacaan doa pada audiensi mingguannya pada hari Rabu dan mendelegasikan tugas tersebut kepada seorang ajudannya dan mengatakan kepada umat bahwa dia masih belum sehat.

Baca Juga: Masih Menderita Flu Ringan, Paus Fransiskus Membatalkan Audiensi Senin Pagi

“Saudara dan saudari terkasih, saya masih sedikit flu,” kata Paus Fransiskus pada audiensi pada hari Rabu, sambil mengumumkan bahwa orang lain akan membacakan katekese tentang rasa iri hati dan kesombongan, dua dari tujuh dosa mematikan.

Panjang bacaannya sekitar satu halaman.

Paus berbicara di akhir audiensinya, dengan suara serak dan sedikit batuk, untuk menyapa beberapa umat beriman dan mengeluarkan seruan perdamaian, seperti yang biasa dilakukan.

Paus Fransiskus, yang baru-baru ini mengalami sejumlah masalah kesehatan, telah membatalkan janji temu pada hari Sabtu dan Senin karena apa yang oleh Vatikan disebut sebagai flu ringan.

Baca Juga: Vatikan: Paus Fransiskus Membatalkan Pertemuan Hari Sabtu karena Flu Ringan

Pada hari Minggu, Paus berpidato di hadapan orang banyak di Lapangan Santo Petrus seperti biasa, untuk menyampaikan pesan Angelusnya.

Paus terpaksa membatalkan rencana perjalanannya ke pertemuan iklim COP28 di Dubai pada awal Desember karena dampak influenza dan radang paru-paru.

Pada bulan Januari, dia tidak dapat menyelesaikan pidatonya karena "sentuhan bronkitis". Pada bulan berikutnya, dia mengatakan kondisinya lebih baik meskipun ada "rasa sakit dan nyeri".

Baca Juga: Kedutaan Besar Israel Protes setelah Vatikan Kecam Pembantaian di Gaza

Sebagai seorang pemuda di negara asalnya Argentina, sebagian paru-paru Paus Fransiskus telah diangkat.

Paus juga mengalami kesulitan berjalan dan sering menggunakan kursi roda atau tongkat. Pada hari Rabu, dia tiba di audiensi dalam ruangan dengan menggunakan kursi roda.




TERBARU

[X]
×