kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelopor layanan keamanan siber bebas biaya (3)


Sabtu, 22 Juni 2019 / 09:45 WIB
Pelopor layanan keamanan siber bebas biaya (3)


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tri Adi

Dalam membangun bisnis, persaingan tidak bisa kita elakkan. Kompetitor akan selalu menghantui ke manapun bisnis dibawa melangkah. Itupula yang dialami oleh Pavel Baudis dalam membangun perusahaan perangkat lunak cyber security Avast Software. Namun, melakukan inovasi dan berani mengambil risiko menjadi kunci sukses pria berusia 59 tahun itu sehingga mampu bertahan, bahkan berhasil memenangi persaingan. Dan menjadi perusahaan global.

Bisnis Avast Software semakin berkembang dari tahun ke tahun. Pendapatan perusahaan ini melaju terus dengan basis konsumen yang semakin luas berkat layanan gratis yang ditawarkan. Alhasil, pundi-pundi kekayaan Pavel Baudis bersama Eduard Kucera yang hingga saat ini masih menjadi salah satu pengendali saham di perusahaan itu kian menggunung.

Avast telah menjadi perusahaan raksasa multinasional dan melantai di Bursa Saham London pada Mei 2018. Baudis dan Kucera masih menguasai 46% saham perusahaan ini. Lalu CVC Capital Partners menggenggam 29%, Summit Partners memegang 7%, dan selebihnya milik publik.

Kinerja Avast semakin cemerlang pasca menjadi perusahaan terbuka. Perusahaan berhasil mencatatkan pendapatan sebesar US$ 808,3 juta atau melonjak 23,8% dibandingkan tahun sebelumnya. Laba operasinya melesat hampir 100% menjadi US$ 248,3 juta. Kinerja itu ditopang oleh bisnis desktop consumer. Avast memiliki 12 juta pelanggan berbayar untuk produk personal computer (PC)..

Apa yang ditorehkan Avast hingga saat ini tidak lepas dari strategi radikal Baudis dan Kucera pada tahun 2.000 ketika hampir gulung tikar dihantam kompetitor dengan kebijakan harga miring. Avast melawan dengan menerapkan bisnis freemium atau menggratiskan produk software antivirusnya.

Avast tercatat sebagai pelopor model bisnis freemium yang sekarang sudah banyak digunakan perusahaan perangkat lunak sejenis. Mereka mendistribusikan produk-produk antivirus secara gratis melalui internet, kemudian membebani pelanggan untuk fitur-fitur premium.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×