kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah New Jersey akan lepas aset Unilever senilai US$ 182 juta


Kamis, 16 September 2021 / 10:13 WIB
Pemerintah New Jersey akan lepas aset Unilever senilai US$ 182 juta
ILUSTRASI. Unilever. REUTERS/Philippe Wojazer/Files


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - BOSTON. Seorang pejabat perbendaharaan negara bagian New Jersey mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan divestasi pada saham Unilever Plc dan obligasi yang dipegang oleh dana pensiunnya senilai US$ 182 juta dikarenakan pembatasan penjualan oleh merek es krim raksasa Ben & Jerry’s di wilayah Palestina yang diduduki Israel.

Mengutip Reuters, Ini adalah tindakan terbaru dari negara bagian AS sebagai upaya menantang Unilever atas langkah Ben & Jerry’s yang mengakhiri lisensi untuk es krim yang dijual di Tepi Barat yang diduduki Israel. 

Divisi Investasi New Jersey mengatakan keputusan untuk mempertahankan investasinya di Unilever akan menjadi pelanggaran undang-undang negara bagian yang melarangnya berinvestasi di perusahaan yang memboikot Israel. 

Seorang perwakilan Unilever mengatakan tidak memiliki komentar atas keputusan negara, tetapi CEO Alan Jope pernah menulis surat ke negara pada Agustus lalu yang menyatakan Unilever memiliki komitmen yang kuat dan tahan lama untuk bisnisnya di Israel, mengingat mereka mempekerjakan hampir 2.000 orang di wilayah tersebut.

Baca Juga: Kinerja Unilever Plc Kuartal II dan Semester I Tahun Ini Tumbuh di Atas Perkiraan

Jope mencatat Ben & Jerry’s memiliki dewan independen yang mengawasi misi sosialnya dan mengatakan Unilever tidak mendukung gerakan yang berusaha mengisolasi Israel atas perlakuannya terhadap Palestina. Menurutnya, keputusan untuk berhenti menjual es krim dibuat oleh Ben & Jerry's dan jajarannya.

Asal tahu saja,  Ben & Jerry’s diakuisisi oleh Unilever pada tahun 2000 dalam kesepakatan yang memungkinkan untuk beroperasi dengan otonomi lebih termasuk memberikan kekuasaan kepada dewan independen untuk membuat keputusan atas misi sosial, integritas merek dan kebijakan.

Ben & Jerry's yang berbasis di South Burlington, Vermont, dikenal karena komitmennya terhadap keadilan sosial yang baru-baru ini termasuk sangat mendukung gerakan Black Lives Matter dan hak-hak LGBTQ+

Sementara itu, bendahara negara bagian Arizona Kimberly Yee mengatakan awal bulan ini negara bagian akan menjual US$ 143 juta dalam kepemilikan Unilever untuk alasan yang sama.

Selanjutnya: Amerika Serikat desak negara-negara kaya bantu perluas vaksinasi Covid-19




TERBARU

[X]
×