kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pendiri Foxconn Terry Gou hari ini mundur dan bersiap maju Pilpres Taiwan 2020


Jumat, 21 Juni 2019 / 10:52 WIB
Pendiri Foxconn Terry Gou hari ini mundur dan bersiap maju Pilpres Taiwan 2020


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Ketua Foxconn Terry Gou mengatakan pada hari Jumat menyerahkan operasional pabrik elektronik terbesar di dunia itu kepada komite operasi baru. Ini karena Terry bersiap untuk maju dalam pemilihan presiden Taiwan tahun depan.

Pendiri Foxconn yang berusia 68 tahun itu berbicara pada pertemuan umum tahunan perusahaan di Taipei, di mana beberapa ratus pemegang saham dan pendukung telah berani menghadapi panasnya persaingan presiden tahun depan melalui layar kaca.

Pemasok Apple Inc, yang nama lengkapnya adalah Hon Hai Precision Industry Co Ltd itu mengumumkan perombakan kepemimpinan pekan lalu dengan komite operasi yang beranggotakan sembilan orang yang bertanggung jawab atas operasi harian.

Gou, yang mengumumkan tawaran presidennya pada bulan April, mengatakan kepada Reuters bahwa ia berencana untuk turun dari Foxconn untuk membuka jalan bagi talenta muda untuk naik pangkat.

Gou diharapkan masih akan bertahan di kursi di dewan baru perusahaan, tetapi Foxconn mengatakan minggu lalu - pada konferensi hubungan investor pertamanya - bahwa pengembangan tawaran presidennya akan mempengaruhi perannya di perusahaan.

Pemilihan Presiden Taiwan mengikuti periode meningkatnya ketegangan antara Beijing dan Taipei, dengan Gou berusaha untuk mewakili partai oposisi China-friendly Kuomintang (KMT).

"Tawaran pemilihannya mungkin terbebani oleh hubungannya dengan kepemimpinan China yang menolak untuk membatalkan penggunaan kekuatan untuk menyatukan dengan Taiwan," kata para analis.

Seorang ketua Foxconn yang baru diharapkan akan terpilih pada rapat dewan hari Jumat pagi. Foxconn siap untuk mencalonkan bos unit chip Liu Young untuk menggantikan Gou, dua sumber dengan pengetahuan langsung tentang masalah ini mengatakan kepada Reuters pada Mei.

Gou, yang mendirikan Foxconn 45 tahun yang lalu, adalah orang terkaya di Taiwan dengan kekayaan bersih US$ 7,6 miliar, menurut Forbes.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×