kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penerima vaksin Covid-19 di Korea Selatan akan diizinkan beraktivitas tanpa masker


Rabu, 26 Mei 2021 / 13:33 WIB
Penerima vaksin Covid-19 di Korea Selatan akan diizinkan beraktivitas tanpa masker
ILUSTRASI. Petugas kesehatan menikmati turunnya salju di lokasi pengujian penyakit Covid-19 di Seoul, Korea Selatan, 12 Januari 2021.


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Pemerintah Korea Selatan pada hari Rabu (26/5) mengumumkan bahwa warganya yang telah menrima vaksin Covid-19 boleh berkativitas di luar ruangan tanpa menggunakan masker.

Dilansir dari Reuters, penggunaan masker tidak lagi diperlukan di luar ruangan mulai bulan Juli untuk mereka yang telah menerima satu dosis vaksin.

Langkah tersebut merupakan upaya untuk mendorong penduduk usia tua agar mau menerima vaksin. Saat ini Negeri Ginseng menargetkan untuk memvaksinasi setidaknya 70% dari 52 juta populasinya sampai bulan September. Saat ini jumlahnya baru sekitar 7,7%.

Perdana Menteri Kim Boo-kyum hari Rabu mengatakan, orang yang setidaknya telah menerima satu dosis vaksin juga diizinkan berkumpul dalam jumlah yang lebih besar mulai Juni.

PM Kim juga mengatakan bahwa semua tindakan karantina akan mengalami penyesuaian pada bulan Oktober jika 70% populasinya telah menerima dosis pertama vaksin.

Baca Juga: Moderna dan Novavax sepakat perpanjang produksi vaksin di Korea Selatan

Menteri Kesehatan Kwon Deok-cheol melaporkan, saat ini sudah ada lebih dari 60% orang berusia antara 60 hingga 74 tahun yang mendaftar untuk menerima vaksin.

Pada hari Kamis (27/5) nanti, Korea Selatan akan mulai memvaksinasi masyarakat umum yang berusia antara 65 dan 74 tahun di lebih dari 12.000 klinik di seluruh negeri.

Peraturan bebas masker seperti ini sebelumnya telah diumumkan juga di AS. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS pada hari Kamis (13/5) menyatakan bahwa semua orang yang telah menerima vaksinasi penuh boleh beraktivitas tanpa masker lagi.

Dilansir dari Reuters, Direktur CDC Rochelle Walensky mengatakan pedoman baru itu didasarkan pada penurunan tajam kasus, perluasan vaksin untuk orang yang lebih muda dan kemanjuran vaksin terhadap berbagai varian virus corona.

CDC berharap pedoman baru ini bisa mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksin dan membuat lebih banyak orang untuk mau menerima vaksin.

Selanjutnya: Sudah vaksinasi penuh, masyarakat AS bebas keluar rumah tanpa masker




TERBARU

[X]
×