Penjualan Korporasi Besar Terdongkrak di Kuartal I 20221

Jumat, 22 April 2022 | 15:43 WIB   Reporter: Ferrika Sari
Penjualan Korporasi Besar Terdongkrak di Kuartal I 20221

ILUSTRASI. Beberapa korporasi besar dunia berhasil mencatatkan kinerja positif pada kuartal I 2022.


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Beberapa korporasi besar dunia berhasil mencatatkan kinerja positif pada kuartal I 2022. Dilansir dari Reuters, Jumat (22/4), sejumlah perusahaan besar di Eropa melaporkan peningkatan penjualan di kuartal pertama 2022, seperti KitKat Nestle, Evian Danone dan Dulux Akzo Nobel.

Perusahaan-perusahaan tersebut masih memperoleh permintaan yang tinggi kendati ada kenaikan harga jual.

Perusahaan teknik, ABB, dan pembuat peralatan berkebun, Husqvarna, juga melaporkan permintaan yang kuat meskipun dua perusahaan itu menaikkan harga jual.

Di luar Eropa, penjualan Tesla melewati ekspektasi analis Wall Street. Harga yang lebih tinggi membantu melindungi produsen kendaraan listrik tersebut dari kekacauan rantai pasokan dan kenaikan biaya.

Baca Juga: Saham-Saham Juara di Masa Pandemi Covid-19 Mulai Berguguran

Maskapai besar AS United Airlines Holdings Inc dan American Airlines Group Inc juga melaporkan kenaikan tarif tidak mengurangi permintaan untuk perjalanan domestik. Kedua maskapai memperkirakan profitabilitas kembali naik.

"Lingkungan permintaan sangat kuat," kata Kepala Eksekutif American Airlines Robert Isom dalam sebuah pernyataan.

Namun, strategi menaikkan harga tersebut menimbulkan kekhawatiran tentang kemampuan daya beli rumah tangga di sisa tahun ini.

Naiknya suku bunga akan menekan konsumen, pendapatan mereka yang dibelanjakan dapat menyusut dan tagihan belanja naik.

Ada beberapa tanda dalam data ritel Amerika Serikat (AS) bahwa konsumen mulai mengurangi pengeluaran di tengah inflasi yang tinggi.

Nestle melaporkan kenaikan 7,6% dalam penjualan organik selama tiga bulan pertama tahun ini. Namun, petinggi Nestle mengingatkan, inflasi tinggi telah membuat target margin keuntungan lebih menantang.

Baca Juga: Kinerjanya Makin Melesat, Tesla Imbangi Lonjakan Biaya dengan Kenaikan Harga

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru