kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan Saham China oleh Investor Asing Mencapai Level Tertinggi dalam 9 Tahun


Minggu, 01 Oktober 2023 / 14:41 WIB
Penjualan Saham China oleh Investor Asing Mencapai Level Tertinggi dalam 9 Tahun
ILUSTRASI. Investor asing terus menjual saham perusahaan-perusahaan China di China daratan. REUTERS/Aly Song/File Photo


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Investor asing terus menjual saham perusahaan-perusahaan China di China daratan. Pada periode bulan Juli-September, mereka menjual 80,1 miliar yuan atau sekitar US$ 10,97 miliar lebih banyak saham dibandingkan yang mereka beli melalui Shanghai-Hong Kong Stock Connect, penghubung perdagangan antara Hong Kong dan bursa Shanghai dan Shenzhen, sehingga mencetak rekor penjualan bersih triwulanan terbesar sejak program akses pasar bersama dimulai pada tahun 2014.

Dikutip dari Nikkei Asia, kekhawatiran terhadap prospek ekonomi makro China dan masalah properti telah mendorong investor luar negeri untuk menjual saham China, terutama saham lembaga keuangan dan perusahaan yang berhubungan dengan konsumsi pribadi.

Menurut analisis Nikkei terhadap saham-saham utama China dengan volume perdagangan tertinggi, investor asing menjual 7,6 miliar yuan lebih banyak saham China Merchants Bank dibandingkan yang mereka beli pada bulan Juli-Agustus. Penjualan bersih besar-besaran pada saham bank komersial terus berlanjut di bulan September.

Baca Juga: Bursa Asia Melemah di Pagi Ini (27/9), Pasar Menanti Data Ekonomi China dan Australia

Karena bank ini sangat bergantung pada pinjaman pribadi dan kredit pemilikan rumah (KPR), para investor sangat khawatir terhadap dampak buruk dari lambatnya pemulihan ekonomi China dan krisis properti di negara tersebut.

Penjualan bersih saham Ping An Insurance mencapai 4,3 miliar yuan pada periode Juli-September, mencerminkan investasi besar perusahaan dalam bisnis properti.

Kweichow Moutai, yang menarik pembelian aktif pada awal tahun, beralih ke penjualan bersih sebesar 1,5 miliar yuan dalam peiode tiga bulan karena belanja konsumen di Tiongkok terhenti. Meskipun produsen utama minuman keras Moutai akan mendapat manfaat dari libur panjang Festival Pertengahan Musim Gugur di Tiongkok pada hari Jumat dan libur Hari Nasional, saat ini hanya ada sedikit tanda-tanda pesanan pembelian aktif.

Investor asing juga menjual 2,3 miliar yuan lebih banyak saham di China Tourism Group Duty Free dibandingkan yang mereka beli antara bulan Juli dan Agustus, dan tren ini berlanjut pada bulan September.

Selain konsumsi rumah tangga yang stagnan, operator toko bebas bea, yang memperoleh 80% pendapatannya dari Pulau Hainan, mungkin kehilangan izin bebas bea yang menjadi dasar bisnisnya sehubungan dengan rencana mengubah seluruh pulau resor. “Kami berharap dapat memasukkannya ke dalam zona bebas pajak,” kata Xiong Li dari Daiwa Corporate Strategy Consulting.

Investor asing merupakan pembeli bersih aktif saham-saham yang terkait dengan kendaraan listrik, menaruh ekspektasi pada pertumbuhan di pasar kendaraan listrik global dan mengapresiasi daya saing pabrikan China.

Pembelian bersih saham Contemporary Amperex Technology (CATL), pembuat baterai kendaraan listrik, berjumlah 4,9 miliar yuan pada periode Juli-September. Lebih banyak saham pembuat kendaraan listrik BYD yang dibeli daripada dijual senilai 4 miliar yuan. Namun pembelian bersih saham CATL mulai kehilangan momentum karena investor lebih banyak menjual saham daripada membeli pada bulan September.

Secara keseluruhan, investor luar negeri menjual lebih banyak saham perusahaan China daratan pada periode Juli-September selama dua kuartal berturut-turut. Akibat dampak positif dari langkah-langkah kebijakan yang diambil pemerintah China, tren penjualan bersih diperkirakan akan terus berlanjut hingga perekonomian Tiongkok menunjukkan tanda-tanda pemulihan.

Baca Juga: Emiten Jasa Konstruksi China Cari Dana

Indeks CSI 300, yang menjadi tolok ukur pasar saham domestik Tiongkok telah anjlok 4,7% pada tahun 2023 dan berada di jalur penurunan ketiga berturut-turut yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hal ini menempatkan indeks tersebut sebesar 10,8 kali lipat dari pendapatan yang diharapkan selama 12 bulan ke depan, hampir dua poin persentase di bawah rata-rata lima tahunnya.

CSI 300 diperkirakan akan naik pada 4,100 poin di akhir tahun, menurut perkiraan median dalam jajak pendapat informal, yang menyiratkan kemungkinan kenaikan sekitar 11% dari penutupan terakhir. Hasilnya menunjukkan bahwa Indeks Hang Seng diperkirakan akan mencapai 20.500 poin, dengan potensi kenaikan sekitar 15%.

Pada bulan September lalu, investor luar negeri menjual sekitar 37 miliar yuan atau sekitar US$ 5,1 miliar saham Tiongkok daratan secara bersih melalui hubungan perdagangan dengan Hong Kong. Saham perusahaan tersebut mengalami rekor aksi jual sebesar 90 miliar yuan pada bulan lalu, mengirim posisinya ke level terendah sejak Oktober 2022, ketika China membuka kembali pembatasan ketat Covid-19, sehingga memicu resesi selama tiga bulan berikutnya.

Sementara itu, yuan dalam negeri jatuh ke level terendah terhadap dolar sejak Desember 2007 pada awal bulan ini.

Aksi jual dana asing yang sedang berlangsung telah memicu spekulasi bahwa arus keluar dana asing yang terburuk mungkin sudah berakhir. Kurang dari sepertiga responden memperkirakan arus bersih melalui skema Shanghai-Hong Kong Stock Connect akan berubah menjadi negatif tahun ini.

Zhu Houzhong, fund manager di Shanghai Youpu Investment Co., Ltd. yang berpartisipasi dalam survei informal, mengatakan, aset RMB, terutama saham A, saat ini sangat murah, dan banyak bagian pasar yang oversold.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×