kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.439.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.405   30,00   0,19%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%

Pesulap Terkenal Ini Bagikan Trik Gandakan Portofolionya Hingga 276%


Kamis, 05 September 2024 / 12:31 WIB
Pesulap Terkenal Ini Bagikan Trik Gandakan Portofolionya Hingga 276%
ILUSTRASI. Pesulap Dan Chan berhasil mengembangkan portofolio investasinya lebih dari 276%. REUTERS/Brendan McDermid


Sumber: businessinsider.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dan Chan mungkin lebih dikenal sebagai pesulap, bukan peramal masa depan. Namun, siapa pun yang memperhatikan rekam jejak investasinya mungkin bisa terkecoh dan berpikir sebaliknya.

Dalam waktu lebih dari tujuh tahun, Chan berhasil mengembangkan portofolio investasinya dari sekitar US$276,000 menjadi US$1,042,000, atau meningkat lebih dari 276%, sebagaimana dikonfirmasi oleh Business Insider melalui portofolio Merrill Lynch miliknya.

Sebagai perbandingan, investasi yang sama di indeks S&P 500 selama periode yang sama hanya akan tumbuh 207,8% menjadi sekitar US$850,365.

Baca Juga: Value Investor Ini Rekomendasikan 4 Saham yang Kurang Diperhatikan Tapi Layak Dibeli

Chan, yang dikenal dengan kemampuannya membuat trik sulap yang memukau, juga mampu menghasilkan keuntungan investasi yang luar biasa. Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Chan membagikan strategi investasinya yang sederhana namun tidak konvensional. Meskipun begitu, meniru keberhasilannya tidak semudah mempelajari trik sulap.

“Sihir itu mudah — investasi itu sulit,” kata Chan.

Dari Aksi Sulap ke Pengembalian Investasi yang Mengejutkan

Perjalanan Dan Chan dalam dunia investasi bukanlah jalan yang mudah. Meskipun ia memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari kesuksesan besar, Chan justru mengambil jalan yang lebih sulit untuk meraih kekayaannya.

Chan lahir dan besar di Bay Area dan menjadi salah satu karyawan awal di PayPal selama booming dot-com. Sayangnya, ia menjual saham PayPal-nya terlalu dini, meskipun saat ini perusahaan tersebut bernilai US$73 miliar.

Baca Juga: Saham yang Baru Diakumulasi Warren Buffett Harganya Merosot, Sudah Saatnya Membeli?

Pada saat yang sama ketika ia bergabung dengan PayPal, Chan juga mulai melakukan pertunjukan sulap. Ketertarikannya pada dunia sulap muncul dari kekagumannya pada legenda sulap seperti David Copperfield dan David Blaine, serta dari pengalaman pribadinya ketika “tertipu” oleh trik sulap.

Cepat maju ke Maret 2020, ketika pandemi mengancam untuk menghentikan bisnis Chan yang berfokus pada pertunjukan mentalis, di mana ia tampak mampu membaca pikiran penonton. Namun, situasi yang tampaknya akan menjadi akhir dari bisnisnya justru berbalik menjadi peluang besar.

Chan menemukan bahwa layanan video konferensi Zoom bisa membuka jalan baru bagi bisnisnya. Tidak lama kemudian, ia melakukan hingga 12 pertunjukan setengah jam per hari, menghasilkan hingga US$4,000 per pertunjukan dengan klien perusahaan besar dan miliarder.

"Saya melakukan pertunjukan virtual, tetapi pada saat yang sama, saya memiliki begitu banyak waktu luang," kata Chan.

Baca Juga: Investor Saham Merapat, Ini 2 Saham Pilihan Terbaik Menurut Warren Buffett

Investasi Seperti Pesulap: Strategi Sederhana yang Tidak Konvensional

Chan menggunakan waktu luang selama pandemi untuk mendalami dunia investasi. Meskipun banyak anggota keluarganya mencoba membujuknya untuk berhenti karena volatilitas pasar, Chan memutuskan untuk tetap terjun ke dunia investasi saham. Hasilnya, ia berhasil menghasilkan keuntungan yang luar biasa.

Chan percaya bahwa investasi tidak memerlukan latar belakang keuangan atau kemampuan meramal. Bahkan setelah mengelola uangnya sendiri selama bertahun-tahun dan mengalahkan pasar, ia tidak menganggap dirinya ahli.

Menurutnya, siapapun dapat menciptakan kekayaan bagi diri mereka sendiri dan keluarganya, asalkan mereka berani mengambil risiko dan belajar dari kesalahan awal.

“Berinvestasi dengan insting di awal dan membuat kesalahan kecil itu penting,” jelas Chan.

“Jangan tunggu untuk mulai berinvestasi,” tambahnya.

Baca Juga: CEO Nvidia Jensen Huang Terpental dari Klub US$100 Miliar: Kekayaannya Turun Drastis

Selain itu, Chan juga menekankan pentingnya untuk “mengayunkan tongkat” dalam investasi, meskipun beberapa kali akan mengalami kegagalan. Namun, ia mendorong agar selalu mengambil peluang besar, terutama pada perusahaan yang diyakini akan bertumbuh.

Chan memang memperhatikan beberapa metrik valuasi seperti price-to-earnings (P/E) ratio dan beban utang perusahaan, tetapi sebagian besar strateginya lebih bersifat anekdotal dan berdasarkan pengalaman dunia nyata.

Misalnya, jika ia melihat antrean panjang di luar Costco atau mengalami pelayanan buruk dari Tesla, ia akan mempertimbangkan untuk membeli atau menjual saham perusahaan tersebut.

Salah satu aspek menarik dari strateginya adalah Chan selalu membeli setidaknya satu saham dari setiap perusahaan yang mempekerjakannya untuk pertunjukan sulap. Ia melakukan ini sebagai cara untuk memantau kinerja saham perusahaan-perusahaan tersebut.

Bahkan saat menghadiri pertunjukan langsung, Chan selalu mencari petunjuk tentang apa yang terjadi di balik layar perusahaan tersebut.

Baca Juga: Warren Buffett Miliki Tumpukan Uang Tunai US$277 Miliar, Waktunya Berhenti Investasi?

Ketertarikan Terhadap Alphabet

Di balik portofolio investasinya, satu perusahaan menonjol dibanding yang lain: Alphabet, induk dari Google. Lebih dari 70% dari portofolio Chan diinvestasikan dalam saham Kelas A (GOOGL) dan Kelas C (GOOG) Alphabet. Keuntungan dari posisi ini hampir mencapai US$160,000.

“Satu hal yang saya sadari tentang Google adalah, apakah Anda mengklik iklan atau anak-anak mengklik iklan, atau hanya menonton sesuatu di YouTube, mereka tetap menghasilkan uang,” kata Chan.

“Saya berpikir, 'Ini adalah model bisnis yang sangat bagus'," terangnya.

Ketika harga saham favoritnya turun, Chan biasanya memanfaatkan kesempatan untuk membeli saat harga lebih rendah. Meskipun pendekatan ini terkadang membuahkan hasil, seperti dalam kasus Alphabet, kadang-kadang ia mengalami kerugian, yang mendorongnya untuk mulai melakukan diversifikasi.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×