Philip Morris dapat dukungan dana untuk mengakuisisi perusahaan obat asma

Jumat, 13 Agustus 2021 | 17:13 WIB   Reporter: Ferrika Sari
Philip Morris dapat dukungan dana untuk mengakuisisi perusahaan obat asma

ILUSTRASI. Produk Philip Morris. REUTERS/Carlo Allegri

KONTAN.CO.ID - SWISS. Produsen rokok Philip Morris mendapatkan dukungan untuk akuisisi Vectura Group Plc senilai 1,1 miliar pound atau setara US$ 1,5 miliar. Dilansir dari Reuters, Jumat (13/8), perusahaan berhasil mengalahkan tawaran Carlyle Group Inc pada Kamis kemarin.

Pada Minggu lalu, Philip Morris meningkatkan tawaran akuisisi perusahaan obat asma itu menjadi 165 pence per saham. Nilai itu melampaui tawaran Carlyle sebesar 155 pence per saham.

Vectura menyebut, penawaran Philip Morris dinilai lebih adil dan masuk akal sehingga anggota dewan dengan suara bulat akan merekomendasikan tawaran itu kepada pemegang saham.

Baca Juga: WHO mendesak China untuk membagikan data mentah tentang kasus-kasus awal COVID-19

Philip Morris akan menggunakan keahlian Vectura dengan formulasi produk yang dapat dihirup dan didesain untuk menghasilkan berbagai terapi pernapasan yang dijual bebas dan berdasarkan resep dokter.

Ketertarikannya juga datang pada saat tembakau besar berusaha mengubah citranya setelah bertahun-tahun pers memberitakan secara negatif. Dibarengi tuntutan hukum karena perusahaan menjual rokok yang membahayakan kesehatan.

Philip Morris pada Selasa lalu telah mengalihkan proposal tawarannya dari skema pengaturan untuk meningkatkan peluangnya. Hal ini membutuhkan persetujuan pemegang lebih dari 50% saham Vectura agar kesepakatan dapat dilalui.

Tidak akan ada rapat pemegang saham. Carlyle menyebut penawaran akan dibuka selama minimal 21 hari, kecuali diperpanjang, dan perusahaan harus memenuhi keputusan untuk 60 hari ke depan.

Baca Juga: Teori munculnya virus corona berasal dari kebocoran lab kembali menjadi sorotan

Pemegang saham Vectura, Manajer Investasi AXA, Penasihat TIG, dan Berry Street Capital mengindikasikan dukungan mereka untuk kesepakatan pembelian perusahaan. Mereka bersama-sama memegang sekitar 11,2% saham Philip Morris.

Perang penawaran antara dua perusahaan Amerika ini mendapatkan intervensi dari regulator Inggris untuk memecahkan kebuntuan rencana akuisisi tersebut. Saham Vectura yang terdaftar di London ditutup pada 163,2 pence pada hari Kamis. Mereka telah memperoleh 33% sejak proposal akuisisi pertama pada Mei 2021 lalu. 

Selanjutnya: China lagi-lagi tolak rencana WHO untuk meneliti asal-usul Covid-19

 

Editor: Tendi Mahadi
Tag

Terbaru