kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Punya Pesaing Kuat, Apple Tebar Bonus Saham Kepada Teknisi Berbakat


Rabu, 29 Desember 2021 / 13:31 WIB
Punya Pesaing Kuat, Apple Tebar Bonus Saham Kepada Teknisi Berbakat
ILUSTRASI. Apple Inc memberikan bonus saham kepada sejumlah teknisi berbakat


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apple Inc. memberikan bonus saham kepada sejumlah teknisi berbakat yang sudah mengabdi di perusahaan tersebut. Langkah ini dilakukan agar karyawan itu tetap mempertahankan bakatnya dan tidak membelot ke pesaing Apple seperti Meta Platforms Inc milik Facebook.

Pekan lalu, perusahaan memberi tahu beberapa teknisi di divisi desain silikon, perangkat keras, dan perangkat lunak dan kelompok operasi tertentu tentang bonus tersebut, yang diberikan secara terbatas.

Dilansir dari Bloomberg, Rabu (29/12), bonus yang diberikan berkisar US$ 50.000 hingga US$ 180.000. Banyak teknisi yang menerima bonus di kisaran US$ 80.000, US$ 100.000 atau US$ 120.000 dalam bentuk saham.

Manajer perusahaan memberikan hadiah tersebut bagi karyawan yang memiliki kinerja baik. Apple telah mengeluarkan bonus saham yang tidak biasa dan signifikan untuk beberapa teknisi sebagai upaya mempertahankan bakat mereka.

Apple melancarkan perang bakat dengan perusahaan di lembah Silikon dan sekitarnya, setelah Meta muncul sebagai ancaman serius. Meta telah mempekerjakan sekitar 100 teknisi dari Apple dalam beberapa bulan terakhir. Di sisi lain, Apple juga telah menarik karyawan kunci dari Meta.

Baca Juga: Kasus Omicron Melonjak, Apple Tutup Semua Toko di New York City

Kedua perusahaan kemungkinan akan menjadi pesaing dalam bisnis headset dan smartwatch augmented dan virtual reality. Keduanya berencana merilis perangkat keras tersebut untuk dua tahun ke depan.

Sebelumnya, Apple sering memberikan bonus berupa uang tunai tambahan kepada karyawan, tetapi ukuran hibah saham terbaru seperti yang dilakukan saat ini tidak biasa dan mengejutkan. Kabarnya, bonus tersebut hanya diberikan untuk 10% hingga 20% teknisi di divisi tertentu.

Program bonus telah membuat kesal beberapa teknisi yang tidak menerima pembagian dan percaya bahwa proses pemilihan itu sewenang-wenang. Nilai beberapa bonus sama dengan hibah saham tahunan yang diberikan kepada beberapa manajer teknik.

Dan nilainya akan meningkat jika harga saham Apple terus naik. Sahamnya naik 36% tahun ini, menempatkan kapitalisasi pasar perusahaan di hampir US$ 3 triliun.

Sementara itu, Meta telah meningkatkan upaya untuk merekrut bakat teknik dari divisi augmented reality, kecerdasan buatan, perangkat lunak, dan rekayasa perangkat keras Apple.

Baca Juga: Industri Perjalanan Global Aktif Lakukan Akuisisi dan Merger Tahun Ini

Raksasa media sosial, yang mengoperasikan Facebook, Instagram, dan WhatsApp, telah menggantungkan kenaikan gaji yang signifikan karena tampaknya akan memfokuskan kembali pada perangkat keras dan apa yang disebut metaverse.

Pengurangan bakat juga terjadi di area lain, termasuk tim mobil self-driving Apple. Perusahaan perlu mempertahankan kecakapan teknisinya karena mereka bekerja pada beberapa perangkat generasi berikutnya, termasuk mobil, headset VR dan AR, dan versi iPhone yang akan datang.

Apple mengharapkan karyawan bekerja dari kantor setidaknya tiga hari per minggu. Sementara insinyur perangkat keras akan diminta untuk masuk empat atau lima hari seminggu. Meta dan perusahaan lain berniat untuk lebih longgar dengan kebijakan mereka.

Tetapi Apple mengakui bulan ini bahwa para pekerja mungkin bekerja dari rumah di masa mendatang. Apple akan memberikan bonus US$ 1.000 kepada semua karyawan perusahaan, ritel, dan pendukung teknis sehingga mereka dapat membeli perabotan rumah masing - masing.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×