kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ramaikan perlombaan, Korea Utara klaim uji klinis vaksin corona ke manusia


Selasa, 21 Juli 2020 / 13:44 WIB
Ramaikan perlombaan, Korea Utara klaim uji klinis vaksin corona ke manusia


Sumber: CNN | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - PYONGYANG. Korea Utara memutuskan bergabung dalam perlombaan untuk menciptakan vaksin virus corona baru. Negara komunis ini jadi satu dari banyak negara yang sedang berjuang di jalan yang sama.

Bahkan, mengutip CNN, Komisi Sains dan Teknologi Negara Korea Utara mengatakan, saat ini mereka sudah melakukan uji klinis vaksin virus corona terhadap sejumlah sukarelawan di dalam negeri.

Meski begitu, banyak pihak yang meragukan klaim Korea Utara tersebut, mengingat sampai sekarang Pyongyang menyatakan belum ada kasus infeksi virus corona yang terjadi di negara mereka.

Saat ini, banyak negara berlomba-lomba menciptakan vaksin yang bisa menghentikan wabah virus corona. Dengan belasan juta kasus infeksi dan ratusan ribu orang tewas, Covid-19 jelas jadi ancaman baru bagi dunia.

Negara-negara dengan teknologi kesehatan terbaik sedang berjuang mencari jalan keluar atas masalah tersebut.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Universitas Oxford tunjukkan respons imun positif saat uji coba

Klaim yang datang dari Korea Utara ini dengan cepat menimbulkan keraguan. Bukan tanpa sebab, Korea Utara adalah salah satu negara dengan sistem perawatan kesehatan paling buruk di dunia.

Bahkan, selama beberapa dekade terakhir, Korea Utara selalu mengandalkan bantuan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk memasok vaksin dan imunisasi kepada rakyatnya.

Kemampuan finansial Korea Utara juga dianggap belum mampu untuk melakukan penelitian vaksin virus corona yang memerlukan biaya sangat besar.

Laporan CNN bahkan menyebutkan, beberapa perusahaan vaksin raksasa yang sedang mengembangkan vaksin memiliki nilai yang lebih besar dari seluruh ekonomi Korea Utara.

Belum jelas, apakah pernyataan Korea Utara terkait vaksin virus corona adalah kenyataan atau hanya sekadar upaya untuk memberikan ketenangan bagi rakyatnya.

Baca Juga: Arab Saudi akan jadi lokasi uji coba vaksin corona buatan Rusia




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×