kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Reckitt jual lini bisnis usaha susu formula bayi di China seharga US$ 2,2 miliar


Minggu, 06 Juni 2021 / 08:21 WIB
Reckitt jual lini bisnis usaha susu formula bayi di China seharga US$ 2,2 miliar
ILUSTRASI. Ilustrasi produk Reckitt Benckiser. REUTERS/Stephen Hird/File Photo TPX IMAGES OF THE DAY


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - SLOUGH. Perusahaan pembuat barang konsumen asal Inggris, Reckitt Benckiser Group Plc berencana menjual lini bisnis usaha susu formula bayinya atau instant formula and child nutrition (IFCN) yang ada di China. Rencananya, perusahaan akan menjual ke perusahaan investasi Primavera Capital Group dengan nilai mencapai US$ 2,2 miliar

Mengutip dari Reuters, perusahaan pembuat sabun Dettol dan disinfektan Lysol tersebut masih akan mempertahankan 8% sahamnya di unit IFCN China serta mengantisipasi penjualan bersih unit bisnis tersebut menjadi sekitar US$ 1,3 miliar. 

Dengan adanya penjualan lini bisnis tersebut, perusahaan tidak menampik akan mengalami kerugian mencapai sekitar US$ 3,5 miliar karena pengurangan aset tak berwujud.

Baca Juga: Langka, pejabat AS kunjungi Taiwan dengan menumpang pesawat militer

Sebagai informasi, penjualan lini bisnis IFCN ini merupakan langkah strategis perusahaan setelah melihat lesunya penjualan akibat persaingan ketat dari merek lokal dan tingkat kelahiran di China yang melambat. Penutupan perbatasan di Hongkong juga menjadi salah satu beban bisnis yang dirasakan perusahaan.

Perusahaan juga mengatakan dalam detail penjualan tersebut termasuk dengan penjualan pabrik manufakturnya di Nijmegen, Belanda dan Guangzhou, China. Selain itu, juga ada kesepakatan bebas royalti eksklusif dan selamanya dari merek Mead Johnson dan Enfa di China

Sejatinya, bisnis susu formula bayi Reckitt China ini mewakili 6% dari hasil penjualan grup dengan nilai hampir US$ 19,82 miliar pada tahun 2020 atau naik 11,8% year-on-year.

Di sektor yang sama, grup susu asal Prancis, Danone juga menjual 9,8% sahamnya di China Mengniu Dairy dengan nilai sekitar €1,6 miliar pada bulan Mei.

Selanjutnya: Kabar baik, China setujui penggunaan darurat vaksin Sinovac pada anak dan remaja




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×