kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Robot untuk Olimpiade Tokyo 2020 diperkenalkan ke publik


Jumat, 15 Maret 2019 / 15:06 WIB

Robot untuk Olimpiade Tokyo 2020 diperkenalkan ke publik


KONTAN.CO.ID - TOKYO. Panitia Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 meluncurkan proyek robot ambisius mereka pada hari Jumat (15/3). Panitia ini mengungkap dua robot yang dirancang untuk membantu pendukung, pekerja dan atlet di Olimpiade.

Kedua produk, Human Support Robot (HSR) Toyota dan Power Assist Suit dari Panasonic, didemonstrasikan kepada publik untuk pertama kalinya di Tokyo pada hari ini.

HSR, robot putih kecil dengan fitur wajah bawaan, akan membantu pengguna kursi roda di Olimpiade, yang dimulai pada Juli 2020. Robot dapat membawa makanan dan barang-barang lainnya, membimbing pemirsa ke tempat duduk mereka dan memberikan informasi acara.

"Kami akan mendukung orang-orang di Olimpiade dan di stadion di area yang dapat diakses kursi roda," kata Minoru Yamauchi, yang bertanggung jawab atas program robot Toyota 2020 seperti dikutip Reuters.

"Dalam hal layanan, kami akan menawarkan akses masuk dan menonton tanpa kesulitan dan robot juga dapat membawa tas dan barang-barang bagasi lainnya untuk pelanggan."

Akan ada 16 robot HSR di berbagai lokasi pelaksanaan Tokyo 2020. Toyota berharap untuk memiliki produk serupa tersedia untuk penjualan umum pada awal 2030-an.

Panasonic juga mempersembahkan penawaran mereka, exoskeleton bertenaga baterai yang membantu mengambil benda-benda berat.

Orang-orang diikat ke dalam Power Assist Suits, yang memungkinkan pengguna mengangkat dan membawa benda secara berulang-ulang tanpa membebani mereka.

Power Assist ini akan digunakan oleh pekerja di tempat-tempat Olimpiade dan Paralimpiade, serta kompleks atlet.

Penyelenggara Tokyo 2020 berniat menyajikan perhelatan paling inovatif tahun depan. Akan ada lebih banyak robot yang diumumkan kemudian.

"Di Pyeongchang ada contoh robot yang digunakan di Olimpiade, tetapi saya rasa belum pada level praktis seperti ini," kata Wakil Direktur Jenderal Tokyo 2020 Maasaki Komiya.

"Jadi, kami ingin memberi kesan bahwa robot sebenarnya dapat digunakan dan mereka dapat menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari."

Olimpiade dimulai pada 24 Juli 2020 dengan Paralimpiade dimulai sebulan kemudian.


Sumber : Reuters

Video Pilihan


Close [X]
×