kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sektor jasa China mengalami perlambatan terparah di bulan Februari 2021


Rabu, 03 Maret 2021 / 16:43 WIB
Sektor jasa China mengalami perlambatan terparah di bulan Februari 2021
ILUSTRASI. Ekonomi China


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Aktivitas sektor jasa di China tumbuh pada laju paling lambat dalam 10 bulan pada Februari 2021. Penyebabnya, masih banyak perusahaan yang berjuang menghadapi permintaan yang lesu dan biaya tinggi yang membuat perusahaan terpaksa memangkas pekerjaan. 

Hal tersebut terlihat dari Purchasing Manager's Index (PMI) Caixin/Markit yang turun menjadi 51,5, terendah sejak April 2020. Pada bulan Januari lalu, PMI tersebut masih ada di level 52,0.

Walau tetap berada di atas angka 50, yang menjadi jurang pemisah antara pertumbuhan dan kontraksi tiap bulannya, tetapi ini tetap jadi penurunan pertama dalam 10 bulan terakhir. 

Mengutip Reuters, Rabu (3/3), sebuah sub-indeks untuk ketenagakerjaan ada di angka 47,9, tergelincir ke dalam kontraksi setelah enam bulan mencatatkan pertumbuhan, karena banyak bisnis yang mengurangi pekerja. 

Survei juga menunjukkan bahwa bisnis ekspor juga menyusut setelah sempat berkembang dalam tiga bulan terakhir. 

Baca Juga: Tim WHO berubah sikap, curiga teori China soal asal muasal Covid-19

Hilangnya momentum terjadi saat China menghadapi gejolak virus corona (Covid-19) di awal tahun, sementara permintaan luar negeri terus terpukul oleh pandemi Covid-19. Penemuan ini sebagian besar sejalan dengan survei resmi yang dirilis pada hari Minggu (28/2) lalu. 

"Momentum pemulihan layanan pasca epidemi semakin melemah," kata Wang Zhe, ekonom senior di Caixin Insight Group, dalam pernyataan resmi yang dikutip Reuters.  

Berdasarkan surveinya, penyedia layanan jasa saat ini sudah memangkas jumlah karyawan untuk mengurangi biaya karena sentimen pasar yang juga melemah. Sektor jasa, memang cenderung lebih lama pulih dari pandemi dibandingkan sektor industri, lantaran lebih rendah terhadap pembatasan sosial berskala besar. 

Namun, China sejatinya sudah berhasil memberantas Covid-19 lewat penurunan kasus sejak awal Februari 2021 lalu. Analis bahkan memperkirakan akan terjadi rebound yang kuat dalam pertumbuhan setahun penuh. 

Meski terkena hantaman, perusahaan jasa di China tetap optimis kinerja akan membaik di tahun depan, dengan ekspektasi bisnis selama 12 bulan ke depan meningkat dari periode Januari 2021. 

Selanjutnya: Hanya berbobot 35 gram, perusahaan China pamerkan drone militer terbaru




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×