kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,44   -1,31   -0.15%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Skenario terburuk Ebola: Ada 500.000 lebih kasus


Minggu, 21 September 2014 / 08:15 WIB
Skenario terburuk Ebola: Ada 500.000 lebih kasus


Sumber: Bloomberg | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

NEW YORK. Penyebaran virus Ebola di Afrika Barat dapat meluas ke ratusan ribu lebih orang pada akhir Januari mendatang. Prediksi ini diungkapkan oleh Pusat Pengontrolan dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) yang meramalkan skenario terburuk Ebola akan menyebar ke sekitar 550.000 orang.

Laporan tersebut -yang dijadwalkan akan dirilis pekan depan- dideskripsikan oleh dua orang sumber Bloomberg yang namanya tak mau disebut.

Menurut sang sumber, proyeksi ini masih direview ulang dan kemungkinan bisa berubah. Adapun asumsi perkiraan ini adalah jika tidak ada bantuan tambahan atau intervensi oleh pemerintah dan badan internasional lainnya dalam menangani masalah Ebola di sejumlah negara pemicu seperti Liberia, Sierra Leonne, dan Guinea.

"CDC melakukan riset dengan menggunakan peralatan dengan model dinamis yang memungkinkan kami memproyeksikan kasus Ebola selama ini. CDC menargetkan akan merilis alat interaktif ini dan deskripsi yang kami buat secepatnya," jelas Barbara Reynolds, Juru Bicara CDC.

Sementara itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada bulan lalu mengatakan bahwa penyebaran virus Ebola akan mencapai 20.000 kasus jika tidak ada upaya pencegahan yang dilakukan dunia. Namun, menurut Juru Bicara WHO Dan Epstein, data tersebut sudah tidak berlaku lagi (outdated).

"Dalam tiga pekan sejak laporan tersebut dirilis, jumlah penyebaran virus melonjak dua kali lipat sehingga terjadi peningkatan tajam kasus Ebola yang dilakukan tiga negara. Kami tidak memiliki ide seberapa besar virus ini akan berkembang," jelas Epstein kepada Bloomberg, pada Jumat (19/9) lalu.

Dia meramal, jika responnya tidak meningkat, maka kasus baru per minggunya akan mencapai 5.000.

Terkait hal ini, Sierra Leone menggelar langkah pencegahan Ebola nasional selama tiga hari. Nah, program tersebut memasuki hari kedua kemarin. Selama masa tersebut, sekitar 30.000 sukarelawan mengunjungi masyarakat dari rumah ke rumah untuk mendistribusikan sabun dan menjelaskan langkah-langkah pencegahan Ebola.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×