kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Stonepeak akuisisi perusahaan penyedia kabel dan broadband Astound US$ 8,1 miliar


Senin, 02 November 2020 / 14:57 WIB
Stonepeak akuisisi perusahaan penyedia kabel dan broadband Astound US$ 8,1 miliar
ILUSTRASI. ilustrasi?merger dan akuisisi, mergers and acquisitions


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Stonepeak Infrastructure Partners baru saja mengumumkan Astound senilai US$ 8,1 miliar termasuk utang, mengutip Bloomberg pada Senin (2/11).

Astound merupakan unit usaha milik perusahaan ekuitas swasta TPG yang fokus menggarap bisnis jaringan kabel dan brandband terbesar keenam di AS. TPG menjual Astound yang telah melayani lebih dari satu juta pelanggan di bawah merek RCN, Grande, Wave, dan enTouch. Merek-merek itu telah dibangun melalui serangkaian akuisisi yang dimulai pada tahun 2016.

"Kami sangat bersemangat dan bersemangat untuk bermitra dengan investor utama seperti Stonepeak untuk lebih mempercepat pertumbuhan kami dan membawa perusahaan kami ke tingkat kepuasan dan kinerja pelanggan yang baru," kata Chief Executive Officer Astound Jim Holanda.

Holanda dan tim manajemen lainnya di Patriot Media akan tetap menjalankan Astound yang berbasis di New Jersey setelah kuarter kedua ketika kesepakatan diperkirakan akan ditutup.

Baca Juga: Inspire segera akuisisi Dunkin dan Baskin-Robbins senilai US$ 11,3 miliar

Konsumen AS telah meninggalkan paket TV berbayar, dan lebih mementingkan layanan internet berkecepatan tinggi saat pemberlakuan pembatasan sosial. Hal ini membuat perusahaan kabel semakin fokus pada sisi bisnis internet  terutama selama pandemi.

Strategi itu telah terbayar selama pandemi Covid-19 tahun ini karena pertumbuhan pelanggan internet telah melonjak di antara operator kabel besar. Sebagian berkat banyak orang yang membutuhkan koneksi berkecepatan tinggi untuk bekerja dan belajar dari rumah.

Adapun Comcast Corp pemimpin pasar di industri jaringan kabel dan broadband, menambahkan 633.000 pelanggan internet atau melonjak 67% pada kuartal terakhir. 

Sedangkan Charter Communications Inc, perusahaan kabel terbesar kedua, memiliki 537.000 pelanggan baru selama periode tersebut atau naik 41%.

Industri ini telah berkonsolidasi selama beberapa dekade, meninggalkan hanya beberapa raksasa kabel seperti Comcast, Charter, Cox dan Altice USA. Hal ini guna bersaing dengan perusahaan telekomunikasi seperti AT&T dan Verizon.

Astound adalah saingan dari para pemain besar ini di kota-kota seperti Chicago, New York City, San Francisco dan Washington.

Kesepakatan senilai US$ 8 miliar akan memberi nilai Astound pada hampir US$ 8.000 per pelanggan broadband menurut Bloomberg Intelligence memperkirakan pada bulan September.

Stonepeak mendahului lelang kompetitif yang seharusnya selesai akhir bulan ini, menurut orang-orang yang mengetahui masalah tersebut. Itu mengalahkan konsorsium I Squared Capital dan Blackstone Group. 
Blackstone menolak berkomentar, sementara perwakilan I Squared tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Baca Juga: Perkuat bisnis data center, AMD akan akuisisi Xilink Inc US$ 35 miliar

Stonepeak, yang mengkhususkan diri dalam investasi infrastruktur, sedang mengumpulkan dana keempat sebesar US$ 10 miliar. Juga telah mengumpulkan US$ 6,2 miliar untuk penutupan pertama pada bulan Juni, Bloomberg melaporkan pada saat itu. 

Hal ini membuat Trent Vichie, salah satu pendiri Stonepeak Infrastructure Partners keluar dari perusahaan tersebut pada bulan lalu.

Vichie dan Mike Dorrell mendirikan Stonepeak pada tahun 2011 setelah sebelumnya memimpin bisnis infrastruktur Blackstone Group Inc. dan bekerja sama di Macquarie Group Ltd.

JPMorgan Chase & Co. dan Morgan Stanley menasihati Astound sementara Bank of America Corp. dan Lazard Ltd. menasihati Stonepeak. 

Selanjutnya: Usai Akuisisi Mulia Boga (KEJU), Garudafood (GOOD) Genjot Penjualan Prochiz




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×