Reporter: Yuwono Triatmodjo | Editor: Yudho Winarto
CHICAGO. Perusahaan investasi properti asal Amerika Serikat (AS), Strategic Hotels & Resorts Inc., mengakuisisi hotel mewah di California yang bernama Montage Laguna Beach. Agar dapat menguasai saham Montage dari tangan Ohana Real Estate Investor LLC, Strategic Hotels harus merogoh kocek sebanyak US$ 360 juta.
Montage didirikan oleh Alan J. Fuerstman pada tahun 2002. Dirancang untuk melayani pelancong berkantong tebal, resort ini memiliki 250 kamar dengan pemandangan Samudera Pasifik. "Akuisisi ini sejalan dengan strategi kami untuk memperbanyak portofolio terbaik berkelas dunia, yang terletak di utara Amerika," tutur Raymond L Gellein, Chief Executive Officer (CEO) Strategic Hotels, melalui pernyataan resminya, Kamis (29/1).
Demi memuluskan transaksi tersebut, Montage menggunakan jasa penasihat (advisers) Greenberg Traurig LLP dan Paul Hastings LLP dari JLL. Sementara Ohana menggunakan jasa Dentons. Harga akuisisi tersebut, lanjut Gellein, mencerminkan 16,5 kali laba sebelum bunga, pajak, dan amortisasi alias earnings before interest, taxes, depreciation, and amortization (EBITDA) tahun 2015 sebesar US$ 21,8 juta.
Ia bilang, harga itu sepadan karena Montage adalah salah satu resort terbaik di wilayah California. Sebagai pendiri sekaligus Chief Executive Officer (CEO) Montage Laguna Beach, Alan J. Fuerstman mengaku senang bisa bekerjasama dengan Montage. "Kami sangat senang Strategic Hotels & Resorts Inc yang merupakan pemilik hotel berkelas menjadi pemegang saham di bisnis Montage Laguna Beach," katanya.
Strategic Hotels yang tercatat di bursa saham New York, AS, ini akan membiayai akuisisi tersebut dari beberapa sumber pendanaan. Pertama, emiten bersandi saham BEE ini berniat menerbitkan 7,35 juta saham baru (rights issue) senilai total US$ 100 juta. Kedua, perusahaan ini juga akan menggunakan hipotek asetnya yang diperkirakan bakal memperoleh dana segar sebanyak US$ 150 juta.
Ketiga, Strategic Hotels bakal menutup kekurangan kebutuhan dana akuisisi dari kas internalnya. Sebagai gambaran, Strategic Hotels saat ini memiliki aset berupa 8.325 kamar di sejumlah hotel berkelas dan ruang pertemuan dengan luas total 875.000 kaki persegi.