kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,41   -5,94   -0.64%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Studi Membuktikan Fenomena Alam Aurora Ternyata Mengeluarkan Suara, Mau Dengerin?


Selasa, 24 Mei 2022 / 09:54 WIB
Studi Membuktikan Fenomena Alam Aurora Ternyata Mengeluarkan Suara, Mau Dengerin?
ILUSTRASI. Studi Membuktikan Fenomena Alam Aurora Ternyata Mengeluarkan Suara, Mau Dengerin?


Penulis: Arif Budianto

KONTAN.CO.ID -  Studi membuktikan bahwa fenomena alam ternyata mengeluarkan suara. Mau dengerin? Suaranya mirip seperti retakan es di kutub.

Siapa sangka fenomena alam yang indah ini ternyata mengeluarkan suara. Ya, kita tengah membicarakan fenomena alam yang kita kenal sebagai aurora.

Buat Anda yang mungkin belum tahu, aurora atau juga disebut cahaya kutub adalah fenomena alam yang menghasilkan pancaran cahaya yang menyala-nyala dan menari-nari di langit malam pada lapisan ionosfer dari sebuah planet.

Umumnya femena alam aurora ini merupakan akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari (angin surya).

Fenomena alam aurora di Bumi hanya bisa dinikmati di negara yang jauh dari gari khatulistiwa, Selandia Baru merupakan salah satu negara yang fenomena alam auroranya bagus untuk dilihat.

Berbicara tentang aurora, studi terbaru mengungkapkan bahwa fenomena alam ini ternyata mengeluarkan suara. Studi yang dilakukan oleh Unto K. Laine dari Universitas Aalto di Finlandia membuktikan seperti apa suara dari aurora. 

Baca Juga: Asteroid Ini Mendekati Bumi Pada 27 Mei, Besarnya Empat Kali Gedung Empire State

Fenomena Aurora di langit Finlandia

Melansir Earthsky (24/05), seorang acustic engineer di Finlandia ini telah membuat rekaman suara aurora yang terdengar seperti letupan dan retakan. Bahkan, suara tersebut terdengar meskipun tanpa cahaya indah yang menari-nari pada malam hari ini tidak terlihat.

Laine merekam selama empat jam suara selama periode aktivitas geomagnetik moderat di luar kota Fiskars di Finlandia pada 25-26 Januari 2022 lalu.

Setelah melakukan rekaman tersebut, Laine mempresentasikan makalahnya dengan temuannya pada 11 Mei 2022 melalui gelaran Euroregio/BNAM Joint Accoustic Conference di Aalborg, Denmark.

Selama aktivitas geomagnetik moderat pada malam Januari, cahaya utara tidak muncul, namun Laine merekam ratusan kandidat suara aurora. 

Suara-suara itu terdengar dengan profil suhu yang cocok dengan teori Laine sebelumnya tentang bagaimana suara aurora ini terbentuk.

Pada tahun 2016 lalu, ia menerbitkan sebuah makalah yang menghubungkan aurora dengan suara retak dan letupan. Teorinya berbunyi bahwa suara aurora dihasilkan pelepasan listrik melintasi lapisan pembalikan suhu sekitar 70 meter di atas tanah.

Laine juga membandingkan rekaman dengan pengukuran geomagnetik dari Institut Meteorologi Finlandia dalam waktu yang sama dan menemukan korelasi yang kuat.

60 kandidat suara terbaik semuanya terkait dengan perubahan di bidang geomagnertik. Analisis statistik menunjukkan hubungan sebab akibat antara fluktuasi geomagnetik dan suara aurora.

Baca Juga: Macam-Macam 12 Nama Rasi Bintang yang Dikenal Sebagai Zodiak, Aries Hingga Pisces

"Menggunakan data geomagnetik, y ang diukur secara independen, memungkinkan untuk memprediksi kapan suara aurora akan terjadi dalam rekaman saya dengan akurasi 90%," ujar Laine.

"Itu adalah kejutan terbesar! Suaranya jauh lebih umum daripada yang diperkirakan siapa pun, tetapi ketika orang mendengarnya tanpa auorora yang terlihat, mereka mengira itu hanya retakan es atau mungkin anjing atau hewan lain," tambahnya.

Menurut Laine, orang yang tinggal di daerah lebih dekat dengan aurora oval dan di mana aktivitas geomagnetik lebih kuat, maka memiliki kesempatan untuk mendengarkan suara-suara ini.

Berikut rekaman suara aurora yang dapat Anda dengan dengan mengunjungi cuitan Twitter berikut ini.

Bagaimana menurut Anda? Apakah rekaman suara aurora ini terdengar seperti retakan es?




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×