Timur Tengah Memanas, Rudal Houthi Menargetkan Arab Saudi dan UEA

Senin, 24 Januari 2022 | 16:45 WIB Sumber: Al Jazeera
Timur Tengah Memanas, Rudal Houthi Menargetkan Arab Saudi dan UEA

ILUSTRASI. Tentara pemerintah Yaman menembakkan meriam yang dipasang di atas kendaraan di garis depan pertempuran melawan Houthi di Marib, Yaman. Yemeni Armed Forces/Handout via REUTERS


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Uni Emirat Arab mengatakan pihaknya mencegat dan menghancurkan dua rudal balistik di atas Abu Dhabi yang ditembakkan oleh pemberontak Houthi Yaman, eskalasi terbaru dalam perang Yaman yang telah berlangsung lama. Serangan Senin terjadi seminggu setelah serangan drone dan rudal Houthi lainnya di Abu Dhabi menewaskan tiga warga sipil.

“Sisa-sisa rudal balistik yang dicegat jatuh di daerah terpisah di sekitar Abu Dhabi,” kata kementerian pertahanan UEA dalam sebuah pernyataan di kantor berita WAM yang dikelola pemerintah pada hari Senin.

Di Arab Saudi, media pemerintah mengatakan pada Minggu malam bahwa rudal balistik Houthi telah jatuh di selatan kerajaan, melukai dua warga seorang warga Bangladesh dan seorang warga Sudan serta merusak bengkel dan kendaraan di kawasan industri. Rudal lain dicegat dan dihancurkan di atas Dhahram al-Janub, menurut pernyataan koalisi.

Baca Juga: Angkatan Laut AS Menyita 40 Ton Bahan Peledak yang Hendak Diselundupkan ke Yaman

Houthi mengatakan mereka menargetkan pangkalan udara Dhafra Abu Dhabi serta lokasi "vital dan penting" di wilayah Dubai, juru bicara militer Yahya Saree mengatakan dalam sebuah pernyataan yang disiarkan televisi bahwa serangan itu telah "mencapai tujuannya dengan akurasi tinggi". 

“Kami siap untuk memperluas operasi selama fase berikutnya dan menghadapi eskalasi dengan eskalasi,” tambah Saree.

Saluran televisi Al Masirah yang dikelola Houthi mengatakan kelompok itu akan mengumumkan dalam beberapa jam rincian "operasi militer yang luas" terhadap Arab Saudi dan UEA.

Video di media sosial menunjukkan langit di atas Abu Dhabi menyala sebelum fajar pada hari Senin, dengan titik-titik cahaya tampak seperti rudal pencegat, kantor berita Associated Press melaporkan. Video berhubungan dengan fitur yang dikenal dari Abu Dhabi.

Tembakan rudal mengganggu lalu lintas ke Bandara Internasional Abu Dhabi, rumah bagi maskapai penerbangan jarak jauh Etihad, selama sekitar satu jam.

Editor: Handoyo .

Terbaru