kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkat pengangguran di Inggris naik menjadi 4,5% per Agustus 2020


Selasa, 13 Oktober 2020 / 14:22 WIB
Tingkat pengangguran di Inggris naik menjadi 4,5% per Agustus 2020
ILUSTRASI. Ilustrasi pengangguran di Inggris. REUTERS/Toby Melville/File Photo


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - LONDON. Tingkat pengangguran Inggris naik lebih dari yang diperkirakan menjadi 4,5% dalam tiga bulan hingga Agustus, naik dari 4,1% dalam tiga bulan hingga Juli, bahkan sebelum rencana perlindungan pekerjaan luas pemerintah berakhir.

Mengutip Reuters, Selasa (13/10), Kantor Statistik Nasional menyebutkan, jumlah orang yang bekerja turun 153.000 dalam periode Juni-Agustus. Jumlah ini jauh lebih tinggi dari perkiraan analis dalam jajak pendapat Reuters yang memperkirakan median penurunan 30.000.

"Sejak awal pandemi telah terjadi peningkatan tajam pada mereka yang tidak bekerja dan berburu pekerjaan, tetapi lebih banyak orang mengatakan kepada kami bahwa mereka tidak secara aktif mencari pekerjaan," kata Jonathan Athow, wakil ahli statistik nasional ONS.

"Ada juga peningkatan tajam dalam jumlah orang yang baru-baru ini dipecat."

Baca Juga: Diserang corona lagi, Inggris terapkan sistem lockdwon baru, ini rinciannya

Menteri keuangan Inggris Rishi Sunak mengatakan prioritasnya tetap untuk memperlambat meningkatnya kehilangan pekerjaan meskipun ia telah mengganti skema subsidi upah 50 miliar pound yang berakhir pada akhir bulan ini dengan program lain.

Data ONS menunjukkan redundansi melonjak dengan rekor 114.000 pada kuartal tersebut menjadi 227.000, level tertinggi sejak 2009 ketika Inggris berada dalam cengkeraman krisis keuangan global.

Namun, data kantor pajak terpisah menunjukkan jumlah staf di daftar gaji perusahaan naik 20.000 bulanan pada bulan September, sedikit mengurangi jumlah total kehilangan pekerjaan dengan ukuran itu sejak Maret menjadi 673.000.

Ada beberapa tanda positif potensial lainnya dalam data tersebut termasuk rekor kenaikan jumlah lowongan kerja dalam tiga bulan hingga September meskipun total tetap turun 40% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Bank of England telah memperkirakan bahwa tingkat pengangguran akan mencapai 7,5% pada akhir tahun karena pemerintah mengurangi skema perlindungan pekerjaan sebesar 50 miliar pound ($ 65 miliar) dan menggantinya dengan program yang lebih kecil pada bulan November.

Gubernur BoE Andrew Bailey pada hari Senin mengulangi peringatannya bahwa ekonomi bisa terbukti lebih lemah dari perkiraan bank sentral.

Data yang diterbitkan pekan lalu menunjukkan ekonomi Inggris tumbuh pada Agustus pada laju paling lambat sejak Mei karena pemantulan kembali dari penguncian melambat, sebelum pengetatan pembatasan pertemuan orang.

Puluhan perusahaan di Inggris telah mengumumkan rencana untuk memangkas pekerjaan sejak pandemi melanda. 

Pekan lalu, pemilik ritel pakaian Edinburgh Woolen Mills, Peacock's dan Jaeger menempatkan 24.000 pekerjaan dalam risiko dengan mengatakan itu diatur untuk administrasi.

Selanjutnya: Cegah penyebaran Covid-19, PM Inggris akan berlakukan pembatasan lanjutan




TERBARU

[X]
×