kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Trump sebut Kanada dan Meksiko sejalan dengan rencana kesepakatan dagang baru


Jumat, 14 Juni 2019 / 16:01 WIB
Trump sebut Kanada dan Meksiko sejalan dengan rencana kesepakatan dagang baru


Sumber: Reuters | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa Kanada dan Meksiko sepenuhnya sejalan dengan kesepakatan perdagangan Amerika Utara yang baru. Ia pun mengklaim bahwa kedua negara tersebut menyerahkan keputusan soal perjanjian perdagangan pada Amerika Serikat.

Berbicara kepada wartawan di Gedung Putih, Trump mengatakan dia berharap Kongres akan segera bergerak menindaklanjuti kesepakatan perdagangan AS-Meksiko-Kanada, atau USMCA. Sebelumnya Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berencana untuk bertemu dengan Trump pada 20 Juni di Washington untuk membahas ratifikasi perjanjian tersebut.

"Mudah-mudahan Kongres dapat bertindak cepat karena memang kita bisa melakukan hal tersebut dengan sangat cepat jika kita dapat memperoleh dukungan dari Partai Demokrat di Kongres. Ketua DPR Nancy Pelosi harus mengedepankan rancangan aturan tersebut," kata Trump dikutip Reuters.

Pemerintahan Trump telah mendorong Kongres untuk mempercepat pemungutan suara terkait perjanjian tersebut. Tetapi Dewan Perwakilan Rakyat yang dipimpin Demokrat telah meminta lebih banyak waktu untuk meninjau kembali kesepakatan tersebut, dengan Pelosi mendesak untuk meningkatkan mekanisme penegakan hukum untuk standar tenaga kerja dan lingkungan.

Sementara Partai Republik yang mengendalikan Senat telah berupaya meloloskan aturan tentang USMCA sebelum reses pada Agustus guna menghindari perdebatan anggaran dan kegiatan kampanye presiden 2020 yang diperkirakan akan meningkat pada musim gugur.

Tetapi Pelosi yang mengendalikan jadwal legislasi di DPR dan USMCA, tampaknya tidak akan melakukan pemungutan suara di majelis tersebut selama musim panas.

"Saya pikir mudah-mudahan itu akan disetujui dengan cepat. Semua orang menginginkannya," ujar Trump.

"Seperti yang Anda ketahui, Kanada dan Meksiko benar-benar sejalan dengan kita, dan saat ini terserah kepada kita. Dan Saya pikir perjanjian ini akan memiliki dampak yang luar biasa dengan banyaknya lapangan pekerjaan uang yang dihasilkan," tandasnya.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×