kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Turki buka gedung konser orkestra simfoni kelas dunia nan megah


Jumat, 16 Oktober 2020 / 16:46 WIB
Turki buka gedung konser orkestra simfoni kelas dunia nan megah
ILUSTRASI. Gedung Konser Orkestra Simfoni Kepresidenan di Ankara, Turki.


Reporter: Khomarul Hidayat | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - ANKARA. Turki memiliki gedung konser canggih. Terletak di Ankara, gedung konser canggih ini akan menjadi pusat budaya baru bagi pecinta musik dan seni rupa.

Peluncuran gedung pusat budaya dan musik yang sangat ditunggu-tunggu ini akan dimulai dengan acara gala akbar pada tanggal 29 dan 30 Oktober, bertepatan dengan Hari Republik Turki - hari perayaan nasional.

Keterangan tertulis Istana Kepresidenan Turki yang diterima Kontan.co.id menyebut, gedung konser yang menarik ini terletak di jantung kota Ankara, antara Benteng Ankara dan monumen bersejarah, Anıtkabir. Situs mutakhir ini dibuat dengan biaya sekitar € 83 juta dan sekarang akan dikenang dengan nama Orkestra Simfoni Kepresidenan yang bergengsi, salah satu orkestra tertua di dunia.

Baca Juga: Setelah Hagia Sophia, Erdogan perintahkan Museum Kariye jadi masjid kembali

Gedung Orkestra Simfoni Kepresidenan akan mendatangkan artis dan musisi papan atas. Gedung baru itu akan menyambut sopran terkenal di dunia, Angela Gheorghiu dan salah satu duo piano paling terkenal di dunia, saudara kembar Güher dan Süher Pekinel. Simfoni akan dipimpin oleh Cemi Can Deliorman yang sangat terkenal, salah satu konduktor paling dicari oleh generasi muda.

Pusat budaya dan musik ini akan menjadi tuan rumah musik live spektakuler di 'Great Hall', yang memiliki lebih dari 2.000 kursi, 'Blue Hall' dengan 500 kursi, dan 'Historical CSO Hall' dengan 600 kursi. Tempat ini juga akan menjadi rumah bagi sejumlah restoran, museum, dan area terbuka sehingga akan menjadi tempat pertemuan yang sempurna untuk pecinta seni dan musik.

Menghormati tradisi dan budaya

Orkestra Simfoni Kepresidenan adalah salah satu orkestra pertama di dunia dan masih menjadi salah satu yang terbaik. Tenggelam dalam sejarah, orkestra andalan Turki itu didirikan hampir dua ratus tahun yang lalu pada tahun 1826 dan telah beroperasi dengan beberapa talenta musik terkemuka dunia.

Direktur artistik dan konduktor Orkestra Simfoni Presiden, Cemi Can Deliorman mengatakan gedung itu luar biasa, dengan akustik yang luar biasa. “Di rumah baru kami, Orkestra Simfoni Kepresidenan dapat bersaing dengan orkestra terkemuka dunia dan kami menantikan banyak pertunjukan luar biasa di sini."

Dunia belum pernah melihat gedung orkestra kontemporer dibuka sejak pembukaan Hamburg Elbphilharmonie pada 2017 sehingga peluncuran gedung konser ini sangat dinantikan. Bangunan mutakhir dengan fokus pada budaya dan komunitas, akan menjadi aset bagi dunia musik global.

Arsitektur unik bangunan ini kontemporer, namun klasik. Desainnya yang mencolok, dengan dua kubah kaca yang mencolok di antara atrium kaca modern, dirancang agar terlihat segar dan menarik untuk tahun-tahun mendatang.

Dibangun dengan indah dan sesuai fungsi, akustik bangunan dirancang oleh pemimpin akustik dunia, Profesor W. Fasold dan Institut Fraunhofer untuk Fisika Bangunan.

Selanjutnya: Erdogan: AS, Rusia, Prancis menunda-nunda penanganan konflik Azerbaijan dan Armenia




TERBARU

[X]
×