kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45922,92   -8,44   -0.91%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ukraina Klaim, Pasukan Telah Mencapai Perbatasan dengan Rusia


Senin, 16 Mei 2022 / 16:35 WIB
Ukraina Klaim, Pasukan Telah Mencapai Perbatasan dengan Rusia
ILUSTRASI. Seorang tentara Ukraina menginspeksi sebuah Pengangkut Personel Lapis Baja (APC) Rusia yang hancur di tengah invasi Rusia ke Ukraina di Zaporizhzhia, Ukraina, Sabtu (30/4/2022). REUTERS/Ueslei Marcelino.


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - KYIV. Gubernur Kharkiv Oleh Sinegubov mengeklaim, pasukan Ukraina yang mempertahankan wilayahnya telah mencapai perbatasan dengan Rusia.

"Kami bangga dengan para prajurit Batalyon 227 dari Brigade ke-127 Angkatan Pertahanan Teritorial Angkatan Bersenjata Ukraina, yang memulihkan tanda perbatasan di perbatasan negara!" kata Sinegubov di Telegram, seperti dikutip Al Jazerra.

Posting dia pada Senin (13/5) termasuk video yang dirilis sebelumnya yang menunjukkan pasukan Ukraina membangun kembali pos perbatasan biru dan kuning di Wilayah Kharkiv bagian utara.

Sebelumnya, Ukraina merilis rekaman yang katanya menunjukkan pasukannya mencapai perbatasan dengan Rusia, dan membangun kembali pos perbatasan biru dan kuning.

Video tersebut yang dirilis pada Minggu (15/3) tidak memerinci lokasinya. Tetapi, laporan menunjukkan, lokasi rekaman itu mungkin di wilayah timur laut Kharkiv.

Baca Juga: Presiden Zelenskyy: Pasukan Rusia di Jalan Buntu dalam Konflik dengan Kami

Vadim Denisenko, pejabat Kementerian dalam negeri Ukraina, sebelumnya juga mengatakan, pasukan Ukraina telah membuat begitu banyak kemajuan di utara, sehingga mereka hampir mencapai perbatasan dengan Rusia.

Al Jazeera tidak bisa secara independen memverifikasi klaim Ukraina tersebut. Hanya, perkembangan tersebut terjadi saat pasukan Rusia mundur dari sekitar Kharkiv menyusul serangan balasan Ukraina.

Sementara Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan, pasukan Rusia berada di jalan buntu dalam konflik dengan Ukraina.

Pernyataan Zelenskyy itu datang ketika Ukraina menyatakan, pihaknya menahan serangan Rusia di timur. Dan, pasca pejabat militer Barat menyebutkan, serangan Rusia melambat setelah pasukannya gagal merebut ibu kota Kyiv.

"Waktunya pasti akan tiba, ketika rakyat Ukraina sepenuhnya memaksa Rusia untuk mengakui kenyataan," tegas Zelenskyy dalam pidato Minggu (15/5) malam, seperti dikutip Al Jazeera.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×