kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Vaksin Sinovac Tidak Menawarkan Antibodi yang Cukup dari Varian Omicron


Jumat, 17 Desember 2021 / 06:02 WIB
Vaksin Sinovac Tidak Menawarkan Antibodi yang Cukup dari Varian Omicron
ILUSTRASI. Hasil penelitian menunjukkan, vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech tidak memberikan antibodi yang cukup untuk menetralkan varian Omicron. China Daily via REUTERS


Sumber: The Straits Times | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech, salah satu yang paling banyak digunakan di dunia, tidak memberikan antibodi yang cukup untuk menetralkan varian Omicron. 

Hal itu diungkapkan oleh peneliti Hong Kong dalam temuan laboratorium awal yang mungkin memiliki konsekuensi luas bagi jutaan orang yang mengandalkan suntikan China untuk melindungi mereka dari Covid-19.

Mengutip The Straits Times, menurut tim peneliti di Universitas Hong Kong yang dirilis Selasa malam (14/12/2021), di antara kelompok 25 orang yang divaksinasi penuh dengan suntikan Sinovac, tidak ada yang menunjukkan antibodi yang cukup dalam serum darah mereka untuk menetralisir Omicron.

Dalam kelompok terpisah yang terdiri dari 25 orang yang divaksinasi penuh dengan suntikan mRNA yang dikembangkan oleh Pfizer dan BioNTech, lima di antaranya memiliki kemampuan menetralkan varian baru, kata para ilmuwan.

Hal itu sejalan dengan temuan yang dirilis minggu lalu oleh perusahaan, yang mengatakan tembakan ketiga akan cukup untuk melindungi dari Omicron.

Baca Juga: Rekomendasi Sementara WHO: Dua Vaksin Covid-19 Berbeda Bisa Dicocokkan dan Dicampur

Dipimpin oleh ahli mikrobiologi Yuen Kwok Yung, seorang profesor penyakit menular yang sangat dihormati di Universitas Hong Kong, penelitian terhadap 50 orang telah diterima untuk diterbitkan dalam jurnal medis Clinical Infectious Diseases dan tersedia online sebagai pra-cetak.

Sementara banyak yang masih belum diketahui tentang bagaimana suntikan Sinovac bereaksi terhadap Omicron - termasuk bagaimana sel-T, senjata sistem kekebalan melawan sel yang terinfeksi virus, akan merespons - temuan ini merupakan pukulan bagi mereka yang telah menerima dosis Sinovac. Sebagian besar di China dan negara berkembang.

Apalagi ada penelitian yang menunjukkan bahwa Omicron setidaknya empat kali lebih menular daripada varian Delta dalam sebuah penelitian di Jepang. Ini artinya, adanya prospek untuk melakukan vaksinasi ulang strain baru akan menghambat upaya dunia untuk keluar dari pandemi.

Baca Juga: Cegah Omicron, Wisma Atlet tidak untuk karantina pelaku perjalanan dari luar negeri

Jika Sinovac ditemukan dalam studi yang lebih konklusif tidak efektif terhadap Omicron, China, yang telah berhasil melindungi sebagian besar rakyatnya dari Covid-19 dengan perbatasan tertutup dan tindakan penahanan yang ketat, menghadapi ancaman terbesar dari varian baru, kata para ahli.




TERBARU

[X]
×