kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waduh, AS menyebut beberapa bahan hand sanitizer berbasis etanol tidak aman


Jumat, 01 Mei 2020 / 13:10 WIB
Waduh, AS menyebut beberapa bahan hand sanitizer berbasis etanol tidak aman
ILUSTRASI. Ilustrasi hand sanitizer


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Pemerintahan Trump memperketat pembatasan penggunaan etanol dalam hand sanitizer, dengan alasan masalah keamanan dan memaksa beberapa pemasok menghentikan penjualan saat permintaan melonjak.

Mengutip Reuters, Jumat (1/5), menurut sumber dan dokumen yang dilihat Reuters, tindakan keras itu dimaksudkan untuk melindungi konsumen dari cemaran yang berpotensi berbahaya dalam hand sanitizer, tetapi dapat memperburuk kekurangan pasokan saat rumah tangga, rumahsakit dan rumah perawatan membutuhkan pembersih untuk melawan pandemi virus corona.

Pembatasan itu merupakan pukulan bagi produsen bahan bakar etanol.

Baca Juga: Saran WHO di bulan Ramadan: Jangan menggelar ibadah dan pertemuan massal

Industri ini telah menginvestasikan jutaan dolar sejak bulan lalu untuk meningkatkan output pembersih alkohol berbasis jagung untuk mengimbangi penurunan permintaan bahan bakar.

Produksi bahan bakar etanol gagal mencapai rekor terendah 537.000 barel per hari dan turun setengah dari tingkat bulan lalu karena permintaan bensin merosot. Permintaan bahan bakar turun sekitar 30% di seluruh dunia karena perintah untuk tinggal di rumah.

Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat pada 15 April mengeluarkan pembatasan pada bahan kimia tertentu yang diizinkan dalam hand sanitizer berbasis alkohol, memperbarui pedoman sementara yang diadopsi bulan lalu, ketika krisis kesehatan semakin dalam dan semakin banyak produsen yang mendaftar untuk memproduksi hand sanitizer.

Sejak itu,, FDA telah memberi tahu beberapa perusahaan bahan bakar etanol bahwa produk mereka tidak memenuhi standar keselamatan, memaksa mereka untuk menghentikan produksi dan membatalkan perjanjian pasokan, menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut. 

Dalam satu kasus, FDA mengatakan telah menemukan tingkat signifikan dari karsinogen asetaldehida dalam etanol yang dipasok oleh perusahaan untuk digunakan dalam hand sanitizer, menurut email baru-baru ini yang dilihat Reuters.

"FDA telah meninjau data etanol Anda dan memutuskan bahwa itu tidak dapat diterima sebagai bahan di bawah kebijakan pembersih tangan sementara Badan," tulisnya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×