kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warren Buffett Sangat Mencintai Bisnis Asuransi, Mengapa?


Jumat, 26 Agustus 2022 / 09:11 WIB
Warren Buffett Sangat Mencintai Bisnis Asuransi, Mengapa?
ILUSTRASI. Hubungan Buffett dengan perusahaan asuransi dimulai 55 tahun yang lalu, ketika dia menghabiskan dana senilai US$ 8,6 juta untuk mengakuisisi National Indemnity. REUTERS/Rick Wilking


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Warren Buffett kerap merilis surat tahunannya yang ditunggu-tunggu kepada pemegang saham Berkshire Hathaway. Sejumlah besar investor membaca surat ini setiap tahun, tidak hanya untuk melihat bagaimana kinerja konglomerat raksasa, tetapi juga untuk melihat kebijaksanaan yang diberikan Warren Buffett.

Melansir The Motley Fool, dalam salah satu suratnya kepada pemegang saham, Oracle of Omaha mengulangi hubungan cintanya yang lama dengan perusahaan asuransi.

Awal mula kisah cinta Warren Buffett dengan industri asuransi

Hubungan Buffett dengan perusahaan asuransi dimulai 55 tahun yang lalu, ketika dia menghabiskan dana senilai US$ 8,6 juta untuk mengakuisisi National Indemnity. 

National Indemnity merupakan sebuah perusahaan asuransi properti dan kecelakaan yang berbasis di Omaha, Nebraska. 

Manfaat paling signifikan dari pembelian ini adalah uang tunai yang dihasilkannya, yang kemudian dapat digunakan oleh Berkshire Hathaway.

Perusahaan asuransi mengumpulkan biaya sebelum memberikan layanan mereka, yakni membayar klaim asuransi. Karena mereka mengumpulkan premi di muka, mereka akan memiliki setumpuk uang tunai - yang bisa juga disebut dengan pelampung mereka - yang akan mereka gunakan sampai habis oleh klaim pemegang polis. 

Baca Juga: Warren Buffett Ungkap 4 Hal yang Harus Anda Lakukan untuk Menjadi Super Sukses

Seperti yang dicatat Warren Buffett, "Ini adalah uang yang kita pegang dan dapat diinvestasikan tetapi itu bukan milik kita."

Dalam suratnya kepada pemegang saham, Warren Buffett berbicara tentang bagaimana Berkshire Hathaway adalah pemimpin dalam float industri asuransi. Float asuransi adalah selisih antara premi yang dikumpulkan oleh perusahaan asuransi dengan klaim yang harus dibayarkan pada nasabah.

Baca Juga: Warren Buffett Pernah Terlibat dalam Sejumlah Skandal, Apa Saja?

Berkshire memiliki tiga anak perusahaan asuransi utama - Berkshire Hathaway Reinsurance, General Re, dan GEICO. Berkshire juga memiliki beberapa perusahaan asuransi yang lebih kecil, termasuk National Indemnity. 

Sejak membeli National Indemnity, float Berkshire Hathaway telah berkembang dari US$ 19 juta menjadi lebih dari US$ 147 miliar -- tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 18% selama lima dekade. 

Ini adalah uang tunai yang dapat dan memang dibajak oleh konglomerat ke dalam investasi jangka panjang.

Perusahaan asuransi perlu memastikan bahwa mereka membebankan premi yang tepat berdasarkan penetapan harga risiko yang akurat dalam setiap polis. Namun, hal-hal yang tidak terduga dapat terjadi, dan perusahaan asuransi dapat kehilangan uang. Itulah sifat bisnis. 

Baca Juga: Warren Buffett Bilang Berkshire Hathaway 100% Siap untuk Kematiannya

Tetapi dalam jangka panjang, perusahaan asuransi yang dikelola dengan baik adalah bisnis yang bagus untuk diinvestasikan. Itu karena mereka terus-menerus mengevaluasi kembali risiko dan menyesuaikan premi mereka untuk memastikan keuntungan mereka.

Misalnya, perusahaan asuransi terus mendapatkan umpan balik baru tentang suku cadang, bahan, dan biaya tenaga kerja yang terlibat dalam melakukan perbaikan, yang memungkinkan mereka untuk menyesuaikan premi sesuai kebutuhan saat pelanggan memperbarui polis mereka.

Melansir Inc.com, investasi Warren Buffett pada tahun 1951 di Geico pada usia 20 tahun mencapai hampir dua pertiga dari kekayaan bersihnya. Dia menyebut perusahaan itu "cinta bisnis pertamanya".




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×