kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,16   -14,36   -1.64%
  • EMAS920.000 -0,86%
  • RD.SAHAM -1.01%
  • RD.CAMPURAN -0.38%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

WhatsApp siapkan mode menghilang, ini penjelasannya


Rabu, 19 Mei 2021 / 07:02 WIB
WhatsApp siapkan mode menghilang, ini penjelasannya
ILUSTRASI. Untuk memudahkan pengguna menghemat ruang penyimpanan agar tidak banyak pesan menumpuk, WhatsApp merilis fitur Disappearing Messages. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Untuk memudahkan pengguna menghemat ruang penyimpanan agar tidak banyak pesan menumpuk, WhatsApp merilis fitur Disappearing Messages pada tahun lalu. Fitur ini memungkinkan pesan terhapus secara otomatis setelah tujuh hari diterima. 

Namun, fitur tersebut harus diaktifkan secara manual. Pengguna harus mengaktifkan mode Disappearing Messages di setiap kontak satu per satu. Hal itu tentu menghabiskan banyak waktu.

Ke depannya, pengguna WhatsApp akan semakin mudah menggunakan fitur tersebut. Pasalnya, menurut bocoran dari situs WA Beta Info yang kerap membocorkan fitur baru WhatsApp, fitur Disappearing Messages akan ditingkatkan kemampuannya agar lebih efisien. 

Dari tangkapan layar yang beredar, tampak sebuah fitur bernama Disappearing Mode alias mode menghilang yang berada di dalam menu "Privasi". 

Baca Juga: Telegram ajak pengguna hapus aplikasi WhatsApp karena tak hormati privasi

Jika mode itu diaktifkan, maka semua pesan baru akan otomatis hilang setelah tujuh hari. Sehingga, pengguna tidak perlu lagi mengaktifkan fitur hapus pesan otomatis satu per satu untuk setiap kontak atau grup WhatsApp. 

Dengan hapus pesan otomatis, pengguna bisa meningkatkan perlindungan untuk isi pesannya. Selama ini, WhatsApp telah membekali platformnya dengan fitur keamanan end-to-end encryption atau enkripsi dari ujung ke ujung. Artinya, pesan hanya bisa dibaca oleh pengirim dan penerima. Tidak ada pihak ketiga, termasuk WhatsApp yang bisa mengintip isi pesan. 

Baca Juga: Centang satu, inilah ciri-ciri nomor WhatsApp yang telah diblokir seseorang

Namun, jika ponsel sampai di tangan orang yang salah dan rentan dioperasikan sembarangan, maka pesan WhatsApp bisa saja mudah dibaca orang lain. Dengan menghapusnya secara otomatis, hal tersebut bisa diminimalisasi.

Apalagi, bocoran sebelumnya juga menyebut bahwa WhatsApp tengah menyiapkan fitur hapus pesan yang lebih cepat, yakni dalam 24 jam setelah pesan diterima. Selain itu, menghapus pesan otomatis membuat aktivitas bersih-bersih ruang penyimpanan agar lebih lega bisa lebih efisien.

Dirangkum KompasTekno dari Uber Gizmo, Selasa (18/5/2021) fitur ini masih dalam tahap pengembangan. Belum diketahui kapan Disappearing Mode akan digulirkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "WhatsApp Siapkan "Mode Menghilang", Seperti Apa?"
Penulis : Wahyunanda Kusuma Pertiwi
Editor : Yudha Pratomo

 

Selanjutnya: WhatsApp akan hapus akun jika pengguna melakukan ini

 




TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Maximizing Leadership Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale

[X]
×