kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Xi jinping: China akan mendirikan bursa saham Beijing khusus UKM


Jumat, 03 September 2021 / 06:15 WIB
Xi jinping: China akan mendirikan bursa saham Beijing khusus UKM


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Keberadaan Usaha Kecil Menengah (UKM) sepertinya sangat penting di China. Sebagai bukti, pada Kamis (2/9/2021), Presiden China Xi Jinping mengatakan negaranya akan mendirikan bursa saham di ibu kotanya, Beijing, untuk melayani usaha kecil dan menengah (UKM).

Mengutip Reuters, dua bursa saham utama China berada di pusat keuangan Shanghai dan di kota selatan Shenzhen, yang terletak di perbatasan daratan dengan Hong Kong.

Dalam pidato pada pembukaan China International Fair for Trade in Services (CIFTIS), Xi mengatakan China akan terus mendukung pengembangan UKM yang didorong oleh inovasi.

"Hal ini akan dilakukan dengan memperdalam reformasi Dewan Ketiga Baru dan mendirikan bursa saham Beijing sebagai platform utama yang melayani UKM berorientasi inovasi," tambahnya.

Baca Juga: Ada pemikiran Presiden Xi Jinping dalam kurikulum baru sekolah China

Reuters melaporkan pada bulan Maret yang mengutip sumber yang mengetahui masalah tersebut, China sedang mempertimbangkan untuk mendirikan bursa yang bertujuan menarik perusahaan-perusahaan yang terdaftar di luar negeri dan meningkatkan status global pasar saham dalam negerinya.

Sumber tersebut kemudian mengatakan bahwa meningkatkan pertukaran ekuitas Beijing yang ada untuk perusahaan kecil dan menengah, yang dikenal sebagai New Third Board, adalah salah satu opsi yang sedang dibahas.

Regulator sekuritas China mengatakan mendirikan bursa saham Beijing akan membantu memperdalam reformasi struktural sisi penawaran keuangan dan meningkatkan sistem pasar modal.

Baca Juga: Presiden Xi Jinping: China dukung Kuba jaga kedaulatan dan keamanan

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan tak lama setelah pernyataan Xi, Komisi Regulasi Sekuritas China (CSRC) mengatakan pihaknya "bersemangat" pada prospek tersebut, serta akan mempelajari proposal presiden secara mendalam dan dengan tegas menerapkannya.

"Perusahaan kecil dan menengah dapat melakukan hal-hal besar," tambah CSRC.

Pernyataan lain dalam pidatonya untuk menandai pembukaan CIFTIS, sebuah pameran perdagangan di Beijing, Xi mengatakan China akan menciptakan lebih banyak kemungkinan untuk kerjasama dengan meningkatkan dukungan untuk pertumbuhan sektor jasa di negara-negara Belt and Road.

Baca Juga: 6 Dokumen yang diperlukan untuk klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan

Inisiatif Sabuk dan Jalan adalah skema perdagangan dan infrastruktur khas Xi.

"China akan mendukung Beijing dan daerah lain dalam melakukan penyelarasan aturan domestik dengan yang ada dalam perjanjian perdagangan bebas internasional berstandar tinggi, dan dalam membangun zona demonstrasi perdagangan digital," tambah presiden.

Selanjutnya: Presiden Xi Jinping: China dukung Kuba jaga kedaulatan dan keamanan




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×