: WIB    —   
indikator  I  

Amazon akan bangun kantor pusat kedua US$5M

Amazon akan bangun kantor pusat kedua US$5M

KONTAN.CO.ID - Amazon.com Inc berencana membangun kantor pusat kedua dengan nilai investasi sekitar US$ 5 miliar di Amerika Utara. Manajemen Amazon mengklaim, pendirian kantor pusat tersebut bisa menyerap 50.000 tenaga kerja. Amazon juga mengiming-imingi kompensasi tahunan ke pekerja rata-rata lebih dari US$ 100.000 selama 10 sampai 15 tahun ke depan.

Ini membuka lelang bagi kota-kota di Amerika Utara untuk berkompetisi memenangkan investasi swasta yang tidak sedikit itu. Amazon akan mempertimbangkan lokasi yang menawarkan insentif pajak yang menarik.  

Chief Executive Amazon.com Jeff Bezos dalam pernyataan tertulis mengatakan, kantor itu nantinya akan sama besarnya dengan kantor pusat utama di Seattle. Perusahaan ini menginginkan lokasi dengan area metropolitan yang memiliki infrastruktur memadai seperti bandara internasional, transportasi massal dan penduduk dengan pendidikan yang baik. 

Beberapa pemerintahan kota dan negara bagian mulai akan mengajukan tawaran seperti Dallas, Houston, Toronto, St. Louis, Kentucky dan Miami adalah beberapa yang ikut dalam bursa penawaran. Salah satu yang tertarik, Walikota Chicago Rahm Emanuel telah mempelajari kebutuhan Amazon.com dengan menjadikan kotanya sebagai rujukan.

Beberapa investor dan analis melihat diversifikasi geografis ini, dimana kedua kantor pusat bakal berjauhan, sebagai cara untuk mengurangi biaya dan risiko. Ini juga akan memudahkan Amazon untuk memecah jalur bisnis dan modalnya.

"Perusahaan berubah secara radikal. Namun beralih ke kota baru dan mencari talenta baru sebenarnya ide yang cukup bagus, "kata Antony Karabus, Chief Executive HRC Retail Advisory seperti dikutip Reuters.

Amazon menekankan, insentif pajak dan pemotongan biaya pembelian lahan akan menjadi bagian utama mereka untuk memutuskan pemilihan lahan. Amazon bakal mengajukan proposal ke beberapa negara bagian pada 19 Oktober, serta berencana memilih lahannya di tahun depan.

 


Reporter Agung Hidayat
Editor Rizki Caturini

E-COMMERCE

Feedback   ↑ x
Close [X]