kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daftar permintaan Warren Buffett pada Santa Claus : Google dan..


Senin, 09 Januari 2012 / 15:19 WIB
Daftar permintaan Warren Buffett pada Santa Claus : Google dan..
ILUSTRASI. Kurs dollar-rupiah di BNI hari ini Kamis 28 Januari, intip sebelum tukar valas./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/27/01/2020.


Reporter: Dyah Megasari, CNN Money, Fortune |

NEW YORK. Setiap orang berhak mengajukan daftar kado Natal ke Santa Claus. Meski lazim dilakukan oleh anak-anak, Miliarder kelas kakap Warren Buffet yang sudah berusia 81 tahun tetap melakukan hal ini.

Bedanya, ketika anak kecil kebanyakan mengajukan daftar mainan, Buffet justru menulis daftar nama-nama perusahaan yang diincar dan diyakini punya performa bagus tahun 2012 ini.

Perusahaan mana saja yang masuk daftar permohonan Buffet ke Santa? Rahasia ini terkuak melalui sebuah foto miliknya. Berada di pangkuan Santa, sambil menunjuk, Buffet memegang sebuah note.

Di bawah judul "Santa-2011" daftar nama perusahaan besar di dunia ditulis Buffet melalui note tersebut. Secara urut, beberapa perusahaan yang disebut adalah GEICO, BNSF Railway dan McLane. Namun ketiga nama ini dicoret oleh Buffet yang berarti sukses digenggam. Seperti diketahui, penyandang gelar Oracle of Omaha ini sudah menjadi pemilik saham mayoritas di ketiganya.

Incar raksasa dunia

Lalu, perusahaan apa saja yang menjadi incaran?. Di bawah list ketiga nama di atas, secara berurutan Buffet menulis Exxon Mobil dan Wells Fargo di mana miliuner ini sudah memiliki beberapa bagian saham keduanya.

Urutan selanjutnya terdapat nama Google yang selama ini tak ada catatan bahwa ia memiliki saham di perusahaan IT terbesar di dunia.

Apakah daftar ini mengartikan bahwa sang pemilik Berkshire Hathaway, yang menghindari investasi di Silicon Valley, sekarang memiliki pemandangan khusus pada Google?

Buffett menjawab dalam email, "Saya hanya menulis daftar tersebut tanpa berpikir panjang dengan sedikit kekonyolan. Sebagian perusahaan secara penuh sudah dimiliki. Kemudian saya memasukkan daftar lainnya dan berharap bisa memiliki beberapa perusahaan tersebut, tak hanya sekadar saham tetapi secara keseluruhan aset," jelas Buffet.

Berambisi memiliki Exxon Mobil dan Google secara keseluruhan, tak sedikitpun terdengar konyol. Orang tak bisa menilai bahwa Berkshire Hathaway yang merupakan perusahaan terbesar urutan tujuh di Amerika main-main dengan harapannya.

Di daftar terakhir, Buffet menuliskan Youth Pills yang ditujukan untuk Charlie. Di sini, Buffet mengacu pada Charlie Munger, seorang mitra bisnis lamanya yang berusia 88 tahun.

Lalu siapa Santa yang memangku Buffet? Dia adalah Michael Wilhelm, saudara dari teman baik Susie Buffett, yang merupakan putrinya. Setiap Natal, Wilhelm selalu menghibur keluarga Buffet dengan janggut Santa.




TERBARU

[X]
×