kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Insinyur kimia yang mahir mengelola keuangan perusahaan (2)


Rabu, 23 Mei 2018 / 14:43 WIB
Insinyur kimia yang mahir mengelola keuangan perusahaan (2)
ILUSTRASI. FENOMENA - James Ratcliffe


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tri Adi

KONTAN.CO.ID -  Latar belakang pendidikan James Ratcliffe yang bergelar insinyur teknik kimia membawanya pada dunia bisnis petrokimia. Sebelum menjalankan Ineos, Ratcliff bekerja di beberapa perusahaan berbeda. Dia juga sempat melanjutkan kuliah untuk memperdalam kemampuan di bidang keuangan. Kariernya sebagai pengusaha di sektor kimia dimulai ketika dia mendirikan Inspec. Perusahaan ini kian berkembang lewat berbagai akuisisi hingga lahirlah Ineos di 1998.

Masa kecil James Ratcliffe dihabiskan di Inggris. Terlahir di Failsworth, Lancashire, Ratcliff adalah putra dari seorang ayah yang berprofesi sebagai pebisnis dan ibu seorang pekerja kantoran. Ayahnya menjalankan bisnis pembuatan furnitur laboratorium.

Pada usia 10 tahun, dia pindah bersama keluarganya ke Yorkshire. Di tempat baru itu Ratcliffe bersekolah di Beverley Grammar School dan pindah ke Hull hingga usia 18 tahun

Ratcliffe kemudian melanjutkan kuliah di Universitas Birmingham dan lulus dengan membawa gelar insinyur teknik kimia pada tahun 1974. Dia bergabung di perusahaan Eastern States Standard Oil (Esso) sebagai pekerjaan pertamanya. Banyak hal yang ia pelajari di perusahaan perminyakan yang fokus menyediakan produk pelumas ini.

Di Esso, Ratcliffe menduduki posisi sebagai salah satu manajer keuangan. Untuk memperdalam kemampuan di bidang keuangan, ia memutuskan mengasah ilmu keuangan dan akuntansi dengan mengambil gelar MBA di London Business School.

Setelah selesai berkarir di Esso pria ini meniti karier selanjutnya di perusahaan Advent International pada tahun 1989. Ini adalah sebuah perusahaan ekuitas hingga menjadi direktur di sana.

Namun latar belakang pendidikan kimia yang dimiliki tidak disia-siakannya. Ratcliff menyalurkan pengetahuan dan hasratnya di bidang kimia dengan membangun perusahaan kimia bernama Inspec Group plc. Dia memimpin Inspec mengakuisisi lini bisnis kimia British Petroleum (BP) pada 1992.

Kemudian pada tahun 1995, Inspec kembali membeli lini bisnis glikol dan ethylene oxide BP senilai 78 juta. Dalam membesarkan Inspec, pria berusia 65 tahun ini dikenal sebagai orang yang jeli dan pintar dalam mengelola keuangan. Salah satunya menjalankan efisiensi perusahaan sebagai upaya memupuk laba.




TERBARU

[X]
×