: WIB    —   
indikator  I  

Nilai bitcoin cukup untuk membeli 15 kapal induk

Nilai bitcoin cukup untuk membeli 15 kapal induk

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga bitcoin makin tak terbendung. Harga mata uang kripto ini terus mencetak rekor tertinggi dan kini sudah menembus level US$ 12.000. Mengutip CNBC merujuk situs CoinDesk, harga bitcoin sudah mencapai US$ 12.123,98, Rabu pagi ini (6/12). 

Alhasil, kapitalisasi pasar bitcoin pun kian menggembung menjadi US$ 203 miliar. Nilai market cap bitcoin itu sudah melampaui produk domestik bruto (PDB) sejumlah negara. Ambil contoh Selandia Baru yang menurut data Bank Dunia memiliki nilai PDB sebanyak US$ 185 miliar per Juli 2017. Bloomberg melaporkan, kapitalisasi pasar bitcoin juga lebih besar daripada PDB Qatar, Kuwait dan Hungaria.

Bukan itu saja. Dengan market cap bitcoin sekarang, lebih dari cukup untuk membeli 15 unit kapal induk super terbaru USS Gerald R. Ford. Kapal induk supercarrier bertenaga nuklir itu dikirim ke Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) pada bulan Mei 2017 dengan harga sekitar US$ 13 miliar atau setara Rp 175,5 triliun per unit.

Kapitalisasi pasar perusahaan-perusahaan top dunia pun sudah disalip bitcoin. Lonjakan market cap bitcon bahkan sudah jauh melewati kapitalisasi pasar dua bank paling berpengaruh di dunia yakni Goldman Sachs Group Inc dan UBS Group AG. 

Kapitalisasi pasar Goldman Sachs tercatat sebanyak US$ 93,67 miliar, kemarin. Sementara, nilai kapitalisasi pasar UBS Group AG sebesar US$ 64,65 miliar. Sekalipun digabung, market cap dua bank itu tetap belum mampu mengalahkan bitcoin.

Harta kekayaan dua miliarder top dunia, Bill Gates dan Warren Buffett jika digabungkan pun tidak akan cukup untuk membeli semua bitcoin yang beredar di pasar saat ini. Catatan saja, menurut data Bloomberg billionaires Index, kekayaan bersih Gates bernilai US$ 90 miliar, sedangkan Buffett memiliki harta sebanyak US$ 84,3 miliar.


Reporter Khomarul Hidayat
Editor Dupla Kartini

BITCOIN

Feedback   ↑ x
Close [X]