: WIB    —   
indikator  I  

Saat Samsung mengunyah kue milik Apple

Saat Samsung mengunyah kue milik Apple

NEW YORK. Pangsa pasar global Apple semakin tergerus. Menurut catatan Canaccord Genuity, laba industri ponsel pintar alias smartphone Apple melorot dari posisi 88% pada kuartal IV 2016 menjadi 83% di kuartal pertama 2017.

Saat data statistik menunjukkan melorotnya pangsa pasar Apple, data juga menunjukkan adanya kenaikan pada pangsa pasar pesaing Apple.

Kendati demikian, Canaccord menaikkan target harga saham Apple menjadi US$ 180, yang didasari oleh antisipasi penjualan iPhone di 2018 yang solid.

Namun, menurut Canaccord, banyak sekali tantangan yang akan dihadapi Apple sebelum peluncuran iPhone terbaru mereka.

Cannacord mengatakan, semakin membaiknya kinerja Samsung mendorong pangsa pasar perusahaan asal Korea Selatan ini kian meningkat. Kondisi itu juga didorong oleh berkurangnya kerugian akibat Sony dan LG.

Perusahaan jasa finansial ini juga memasukkan produsen smartphone China -Huawei- dalam laporan estimasi laba teranyarnya. Huawei akhirnya berhasil bertahan di Amerika Serikat dengan menjual perangkat yang tidak mensyaratkan kontrak dengan sejumlah outlet seperti Best Buy dan Amazon.

Cannacord memprediksi, penjualan Apple akan melambat hingga Agustus seiring antisipasi konsumen atas peluncuran iPhone 8 pada September mendatang. Hal ini sudah diungkapkan oleh CEO Apple Tim Cook dalam wawancara eksklusif dengan Jim Cramer dari "Mad Money's", di mana dia mengatakan bocoran dan rumor yang mulai beredar memukul penjualan iPhone.

Tapi, saat iPhone 8 diluncurkan, nasib baik Apple akan kembali lagi.

"Adanya antisipasi dirilisnya iPhone 8, lalu ditambah dengan kuatnya penjualan smartphone layar lebar, kami mengantisipasi kuatnya tren penjualan iPhone (rata-rata harga jual) hingga 2018," demikian tulis Canaccord. Canaccord menaikkan earning per share (EPS) Apple untuk 2017, dengan estimasi kisaran harga US$ 10,93 hingga US$ 11,58. Perusahaan juga kembali menegaskan rekomendasi buy untuk saham Apple.

Yang patut dicatat: Canaccord tidak menyebut adanya potensi delay pada peluncuran iPhone 8.


SUMBER : CNBC
Editor Barratut Taqiyyah Rafie

TEKNOLOGI

Feedback   ↑ x
Close [X]