kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45670,77   -28,01   -4.01%
  • EMAS926.000 0,22%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Akhirnya Turki sepakat hentikan serangan ke Suriah, Trump: Kabar baik dari Turki


Jumat, 18 Oktober 2019 / 07:16 WIB
Akhirnya Turki sepakat hentikan serangan ke Suriah, Trump: Kabar baik dari Turki
ILUSTRASI. Smoke rises over the Syrian town of Ras al Ain, as seen from the Turkish border town of Ceylanpinar, in Sanliurfa province, Turkey, October 16, 2019. REUTERS/Murad Sezer TPX IMAGES OF THE DAY

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - ANKARA. Turki akhirnya sepakat untuk menghentikan serangannya di Suriah selama lima hari untuk membiarkan pasukan Kurdi menarik diri dari "zona aman" yang berusaha dikuasai oleh Ankara. Hal ini terjadi dalam sebuah kesepakatan yang dipuji oleh pemerintahan Trump pada Kamis (17/10) kemarin.

Melansir Reuters, gencatan senjata itu diumumkan oleh Wakil Presiden AS Mike Pence setelah menggelar perundingan di Ankara dengan Presiden Turki Tayyip Erdogan. Langkah ini dipuji oleh Presiden Donald Trump, yang mengatakan gencatan senjata akan menyelamatkan "jutaan nyawa".

Tetapi jika diterapkan, tujuan utama yang diumumkan Turki ketika meluncurkan serangannya pada 9 Oktober akan segera tercapai, yakni: kontrol atas jalur Suriah sedalam lebih dari 30 km (20 mil). Adapun milisi Kurdi, yang pernah menjadi sekutu AS, wajib menarik diri ke luar wilayah tersebut.

Baca Juga: Lewat surat, Trump peringatkan Erdogan: Jangan jadi orang keras kepala dan bodoh

Masih tidak jelas apakah Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang dipimpin Kurdi akan sepenuhnya mematuhi perjanjian itu.

Komandan SDF Mazloum Kobani mengatakan kepada Ronahi TV bahwa kelompok itu akan menerima perjanjian gencatan senjata dengan Turki di Suriah utara, tetapi mengatakan itu terbatas pada wilayah perbatasan antara kota Ras al-Ain dan Tal Abyad.

Senator Republik dan Demokrat menuduh Trump telah mengkhianati sekutu Kurdi yang sangat berjasa dalam memerangi gerilyawan ISIS, mengabaikan masalah kemanusiaan dari invasi Turki dan dikalahkan oleh Ankara.

Baca Juga: Erdogan: Tidak ada kekuatan yang bisa menghentikan serangan Turki ke Suriah

"Zona aman akan dikuasai oleh Angkatan Bersenjata Turki," demikian pernyataan bersama AS-Turki yang dirilis setelah perundingan seperti yang dikutip Reuters.

Senator AS yang mengkritik pemerintahan Trump karena gagal mencegah serangan Turki di Suriah mengatakan mereka akan terus maju dengan undang-undang untuk menjatuhkan sanksi terhadap Turki meskipun sudah ada kesepakatan mengenai  gencatan senjata.


Tag


TERBARU

Close [X]
×