kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aktivitas pabrik China naik ke level tertinggi hampir satu dekade pada Oktober


Senin, 02 November 2020 / 09:39 WIB
Aktivitas pabrik China naik ke level tertinggi hampir satu dekade pada Oktober
ILUSTRASI. Ilustrasi manufaktur China. REUTERS/Stringer ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. CHINA OUT.


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Aktivitas di pabrik China meningkat pada laju tercepat dalam hampir satu dekade pada Oktober ketika permintaan domestik melonjak, menurut data hasil survei bisnis yang dirilis Senin (2/11). Hasil survei ini menambah momentum lebih lanjut pada pemulihan ekonomi akibat krisis virus corona.

Indeks Manajer Pembelian (PMI) Manufaktur Caixin / Markit naik menjadi 53,6 dari 53,0 pada September, dengan indeks tersebut bertahan di atas level 50 yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi selama enam bulan berturut-turut.

Analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan pembacaan headline akan tetap stabil di 53,0.

Sektor industri China yang luas terus kembali ke tingkat yang terlihat sebelum pandemi melumpuhkan sebagian besar ekonomi awal tahun ini, meskipun prospek global meredup karena banyak negara Barat yang masih berjuang melawan peningkatan infeksi Covid-19 dan kembali ke penguncian virus.

Baca Juga: Bursa Asia naik Senin (2/11) pagi, data manufaktur China menggerakkan pasar

Pembacaan PMI bulan Oktober adalah yang tertinggi sejak Januari 2011.

Permintaan yang terputus-putus, infrastruktur yang digerakkan oleh stimulus, dan ekspor yang secara mengejutkan tangguh telah mendorong pemulihan sektor manufaktur. Konsumsi, meski terpukul keras di awal tahun, juga pulih di kuartal ketiga.

"Pemulihan adalah kata kunci dalam ekonomi makro saat ini, dengan epidemi domestik terkendali. Pasokan dan permintaan manufaktur meningkat pada saat yang sama," tulis Wang Zhe, ekonom senior di Caixin Insight Group, dalam catatan yang menyertai rilis survei.

Sementara survei Caixin menunjukkan total pesanan baru melonjak ke level tertinggi sejak 2010, ukuran pesanan ekspor baru turun dari bulan sebelumnya, meskipun tetap di wilayah ekspansif.

"Gelombang kedua infeksi virus corona di Eropa dan gelombang ketiga di AS menekan permintaan luar negeri China secara signifikan," kata Wang.

Survei swasta juga menunjukkan pabrik-pabrik China mempekerjakan pekerja untuk bulan kedua berturut-turut, meskipun kenaikannya kecil.

Output pabrik juga naik sedikit dari bulan sebelumnya, sementara ukuran kepercayaan bisnis naik ke level tertinggi beberapa tahun.

Pandemi sebagian besar telah dikendalikan di China, meskipun wabah lokal muncul baru-baru ini di wilayah barat Xinjiang.

Survei Caixin lebih berfokus pada perusahaan kecil dan berorientasi ekspor, sementara survei resmi China, yang dirilis pada hari Sabtu, sebagian besar melacak perusahaan besar dan perusahaan milik negara.

Baca Juga: Pertumbuhan aktivitas pabrik China sedikit melambat di bulan Oktober

Ukuran resmi menunjukkan aktivitas pabrik berkembang pada kecepatan yang sedikit lebih lambat di bulan Oktober tetapi sedikit di atas ekspektasi analis.

“Masih banyak ketidakpastian di luar China, sehingga pembuat kebijakan perlu berhati-hati dalam menormalkan kebijakan moneter dan fiskal pasca virus corona,” kata Wang.

Analis memperkirakan ekonomi China tumbuh sekitar 2% pada tahun 2020, terlemah sejak 1976 tetapi masih jauh lebih kuat daripada ekonomi besar lainnya. 

Selanjutnya: Output pabrik Jepang bulan September naik 4% berkat lonjakan produksi mobil dan mesin




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×