kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45948,56   1,41   0.15%
  • EMAS969.000 -0,82%
  • RD.SAHAM -1.34%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Ambil Pasokan Medis Covid-19, Korea Utara Kirim Pesawat ke China


Selasa, 17 Mei 2022 / 20:04 WIB
Ambil Pasokan Medis Covid-19, Korea Utara Kirim Pesawat ke China
ILUSTRASI. Orang-orang yang memakai masker di tengah kekhawatiran atas Covid-19 di Pyongyang, Korea Utara, 30 Maret 2020. Kyodo/via REUTERS.


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Korea Utara mengirim pesawat ke China untuk mengambil pasokan medis, beberapa hari setelah negara itu mengonfirmasi wabah Covid-19 pertama.

Yonhap melaporkan, tiga pesawat Air Koryo dari Korea Utara terbang ke Kota Shenyang, China, pada Senin (16/5), dan terbang kembali dengan pasokan medis di kemudian hari. 

"Mereka (Korea Utara) bisa mengoperasikan penerbangan tambahan karena jumlah yang mereka kirimkan kali ini tampaknya tidak cukup," sebut Yonhap mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, seperti dilansir Reuters.

Korea Utara sedang bergulat dengan wabah Covid-19 pertama yang mereka akui pekan lalu memicu kekhawatiran tentang krisis kesehatan besar karena vaksin yang kurang dan infrastruktur medis yang memadai.

Baca Juga: WHO Siap Bantu Korea Utara Hadapi Wabah Covid-19, Ini Dukungannya

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri China menyatakan, tidak mengetahui laporan media tersebut dan tidak merinci bantuan apa pun ke Korea Utara.

China sebelumnya mengatakan, akan membantu Korea Utara memerangi pandemi jika diminta.

NK News yang berbasis di Korea Selatan menyebutkan, citra satelit menunjukkan aktivitas yang tidak biasa di sekitar bandara internasional di ibu kota Korea Utara, Pyongyang, pada Minggu (15/5) sebagai tanda kemungkinan persiapan untuk penerbangan.

Korea Utara melaporkan total 1,48 juta orang dengan gejala demam pada Senin (16/5) malam, termasuk 56 kematian, menurut kantor berita resmi Korea Utara, KCNA.

Hanya, tidak disebutkan berapa banyak orang yang dinyatakan positif Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×