Anak juragan tekstil yang miliarder perhiasan (1)

Selasa, 02 Agustus 2016 | 12:44 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
Anak juragan tekstil yang miliarder perhiasan (1)


Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Ungkapan ini pas ditujukan buat TS Kalyanaraman, miliarder India pemilik harta US$ 1,24 miliar. Berasal dari keluarga pedagang, Kalyanaraman sukses menjadi pebisnis seperti ayahnya. Hanya saja, kesuksesan Kalyanaraman tidak berasal dari warisan. Ia membangun kerajaan bisnis sendiri yakni perhiasan dan properti. Lewat Kalyanaraman Group, ia menjadi miliarder dan masuk daftar orang tajir nomor 87 di India.

Menjadi bagian dari keluarga pengusaha memang bisa membuka jalan seseorang untuk mengikuti jejak yang sama. Namun intuisi dalam berbisnis bisa lebih menentukan kadar kesuksesan seseorang. Seperti yang dijalan oleh TS Kalyanaraman hingga menjadi penguasa jaringan penjualan perhiasan seperti saat ini.

Garis tangan Kalyanaraman menjadi pengusaha bisa dirunut dari seabad yang lalu. Kala itu, sang kakek mulai masuk ke bisnis tekstil pada 1909. Bisnis yang kemudian dilanjutkan secara turun temurun kepada dia dan keempat saudaranya.

Namun status sebagai penerus bisnis keluarga yang sudah berjalan puluhan tahun tak membuatnya berpuas diri dan berhenti mencari celah bisnis yang lebih luas. Ia justru memulai bisnis sendiri di bidang penjualan perhiasan dengan bendera Kalyan Jewellery.

Saat ini Kalyan Jewellery menjadi salah satu jaringan terbesar soal penjualan perhiasan di India. Jumlah karyawannya sudah mencapai lebih dari 7.500 orang

Sejak muda, Kalyanaraman telah tertarik dengan dunia bisnis. Sejak berusia 12 tahun, ia telah ikut membantu sang ayah berjualan tekstil secara grosir.

Ia makin mantap memilih jalan hidup nenjadi pengusaha setelah menyelesaikan pendidikan bisnis di Sree Kerala Varma Tinggi. Ingin menciptakan sejarah sendiri, Kalyanaraman memilih berjualan perhiasan dan melepas bisnis keluarganya.

Editor: Tri Adi
Tag

Terbaru