kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AS Batalkan Bantuan Militer US$130 juta ke Mesir Karena Adanya Pelanggaran HAM


Kamis, 15 September 2022 / 11:46 WIB
AS Batalkan Bantuan Militer US$130 juta ke Mesir Karena Adanya Pelanggaran HAM
ILUSTRASI. Pesawat tempur melintasi Pyramids Plateau di Giza, Mesir 3 Agustus 2022.


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Pemerintah Amerika Serikat (AS) pada hari Rabu (14/9) memutuskan untuk menahan pengiriman bantuan militer senilai US$130 juta ke Mesir. Negara Afrika tersebut dianggap gagal memenuhi persyaratan terkait hak asasi manusia (HAM).

Meskipun demikian, sejumlah dana akan tetap mengalir ke Kairo karena telah berhasil menunjukkan upaya untuk membuat perbaikan dalam hal penahanan politik.

Sebelumnya, kelompok-kelompok hak asasi telah mendesak pemerintahan Biden untuk menahan semua bagian bantuan senilai US$300 juta ke Mesir yang ditempatkan di bawah persyaratan Kongres AS.

Baca Juga: Kremlin: Ambisi Ukraina untuk Bergabung dengan NATO adalah Ancaman Bagi Rusia

Para aktivis menyoroti tingginya kasus pelanggaran HAM di bawah pemerintahan Presiden Abdel Fattah al-Sisi, termasuk di antaranya adalah penyiksaan dan penghilangan paksa.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, menjelaskan bahwa dana bantuan yang ditahan merupakan 10% dari total US$1,3 miliar yang dialokasikan untuk Mesir setiap tahun.

AS masih akan tetap mengizinkan US$75 juta untuk diserahkan ke Mesir, dengan alasan adanya kemajuan terkait penahanan politik dan proses hukum. Hal ini mengacu pada pembebasan sekitar 500 tahanan politik tahun ini.

Baca Juga: Zelensky Minta Negara Barat Percepat Pengiriman Senjata ke Ukraina

Dilansir dari Reuters, Mesir masih menerima US$95 juta lagi di bawah pengecualian undang-undang terkait kontra-terorisme, keamanan perbatasan dan pendanaan non-proliferasi.

Bagi AS, Mesir merupakan sekutu penting di Afrika. Terlepas dari segala masalah yang ada, AS tetap berkomitmen untuk memberikan dukungan pertahanan kepada Mesir lewat jalur yang sah.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×