kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

AS mendesak Jepang untuk mencapai kesepakatan dagang


Senin, 13 Mei 2019 / 14:50 WIB

AS mendesak Jepang untuk mencapai kesepakatan dagang

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Menteri Pertanian Amerika Serikat Sonny Perdue mendesak Jepang untuk mencapai kesepakatan dagang dengan AS secepatnya untuk produk pertanian dan barang lainnya.

"Presiden Donald Trump benar-benar menantikan kesepakatan yang lebih cepat," ujar Perdue kepada wartawan seperti dikutip Reuters.


"Dia akan menyambut perjanjian," imbuh Perdue ketika ditanya tentang kemungkinan kesepakatan dagang ketika pertemuan antara Trump dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Jepang akhir bulan ini.

"Kami tidak dapat terus mendorong perdagangan ini untuk selamanya," ujarnya.

Namun Perdue juga menyarankan bahwa kesepakatan dagang dalam waktu secepatnya kemungkinan sulit untuk diwujudkan.

Dia mengatakan, rincian perundingan seperti tingkat dan waktu kesepakatan diserahkan kepada negosiator kedua negara yakni Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer dan Menteri Ekonomi Jepang Toshimitsu Motegi.

"Kami sangat sadar akan ada pemilihan parlemen Jepang pada Juli. Kami menghormati itu, tetapi Presiden Trump mengharapkan Jepang akan memperlakukan kami sebagai pelanggan utama mereka."

Presiden Donald Trump yang menjamu Abe di Gedung Putih bulan lalu mengatakan ia berharap akan mencapai kesepakatan akhir dengan Jepang dalam kunjungannya ke Tokyo pad 25 Mei-28 Mei.

Perundingan dagang adalah bagian dari upaya Trump untuk membuat perjanjian dagang yang lebih baik dengan mitra dagang utamanya yakni Jepang, China dan Uni Eropa.


Sumber : Reuters
Editor: Herlina Kartika

Video Pilihan


Close [X]
×