kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Badai Eunice Hantam Inggris dan Irlandia, Peringatan Dikeluarkan untuk Kota London


Jumat, 18 Februari 2022 / 18:01 WIB
Badai Eunice Hantam Inggris dan Irlandia, Peringatan Dikeluarkan untuk Kota London
ILUSTRASI. Sebuah keluarga berjalan menyebrangi Jembatan Westminster yang kosong di dekat Gedung Parlemen saat Hari Tahun Baru di tengah penyebaran penyakit virus corona (COVID-19) di London, Inggris, Jumat (1/1/2021).


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  PORTHLEVEN. Badai Atlantik menerjang Inggris dan Irlandia pada Jumat (18/2) dengan kecepatan angin hingga 100 mil per jam. Badai ini memicu peringatan dari kantor cuaca Inggris bahwa Badai Eunice dapat menyebabkan gangguan signifikan seperti merobek atap dan menghantam London.

Badai Eunice, yang dimulai di Atlantik tengah dan berputar dari Azores menuju Eropa oleh aliran jet, memiliki kecepatan angin ekstrem yang menimbulkan bahaya bagi kehidupan, kata Kantor Meteorologi Inggris.

Melansir Reuters, Badai tersebut menghantam Inggris barat, membuat pendaratan di Cornwall, di mana ombak menghantam pantai, mengirimkan gumpalan semprotan ke atas atap pondok, gambar Reuters menunjukkan.

"Badai Eunice akan membawa embusan angin yang merusak dalam apa yang bisa menjadi salah satu badai paling berdampak yang mempengaruhi bagian selatan dan tengah Inggris selama beberapa tahun," kata Kepala Meteorologi Kantor Met Frank Saunders.

Baca Juga: Cuaca ekstrem, enam kelompok nelayan hilang kontak di Natuna

"Area peringatan merah menunjukkan bahaya yang signifikan terhadap kehidupan karena angin yang sangat kencang berpotensi merusak struktur dan puing-puing yang beterbangan," sambungnya.

Kantor Meteorologi memperingatkan puing-puing yang beterbangan dari hembusan angin dapat mengakibatkan bahaya bagi kehidupan, meledakkan atap, menumbangkan pohon dan menutup jalan, mengganggu layanan kereta api dan pesawat darat di London dan Inggris selatan.

Angin kencang tercatat di pantai selatan Inggris dengan peringatan gelombang besar. Banyak sekolah ditutup. Kereta dibatalkan atau berjalan lambat. Bandara Kota London mengatakan 64 penerbangan telah dibatalkan.

Baca Juga: Waspada! BMKG: Badai siklon tropis berpotensi hantam wilayah Indonesia di akhir tahun




TERBARU

[X]
×