kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Banjir, tanah longsor tewaskan lebih dari 150 orang di India dan Nepal


Kamis, 21 Oktober 2021 / 15:29 WIB
Banjir, tanah longsor tewaskan lebih dari 150 orang di India dan Nepal
ILUSTRASI. Ilustrasi banjir India. REUTERS/Hemanshi Kamani


Sumber: Al Jazeera | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lebih dari 150 orang tewas dalam beberapa hari akibat banjir besar dan tanah longsor yang menghancurkan, menyapu jalan-jalan dan rumah-rumah di India serta Nepal, kata para pejabat setempat. 

Di negara bagian Uttarakhand di India utara, para pejabat pada hari Rabu mengatakan bahwa 46 orang telah meninggal dalam beberapa hari terakhir dengan 11 lainnya hilang. Di Kerala di selatan, Kepala Menteri Pinarayi Vijayan mengatakan jumlah korban tewas mencapai 39 orang di sana.

Setidaknya 30 dari mereka di Uttarakhand tewas dalam tujuh insiden terpisah di wilayah Nainital pada Selasa pagi, setelah hujan deras yang memicu serangkaian tanah longsor dan menghancurkan beberapa bangunan.

Lima dari korban tewas berasal dari satu keluarga yang rumahnya terkubur oleh tanah longsor yang sangat besar, kata pejabat setempat Pradeep Jain kepada kantor berita AFP. Tanah longsor lain di distrik Almora utara menewaskan lima orang setelah batu-batu besar dan dinding lumpur menghancurkan dan menelan rumah mereka.

Baca Juga: 2 Terjadi di Indonesia, ini 10 gempa terbesar di dunia

Sedikitnya enam orang lainnya tewas pada Senin di dua distrik terpencil di negara bagian Himalaya itu.

Departemen Meteorologi India memperpanjang dan memperluas peringatan cuaca pada hari Selasa, memprediksi hujan lebat hingga sangat lebat di wilayah tersebut. Kantor cuaca mengatakan beberapa daerah diguyur hujan lebih dari 400 mm (16 inci) pada hari Senin, menyebabkan tanah longsor dan banjir.

Pihak berwenang memerintahkan penutupan sekolah dan melarang semua kegiatan keagamaan dan wisata di negara bagian itu. Tayangan televisi dan video media sosial menunjukkan penduduk mengarungi air setinggi lutut di dekat danau Nainital, tempat wisata, dan sungai Gangga meluap di Rishikesh.

Lebih dari 100 turis terjebak di dalam sebuah resor di Ramgarh setelah sungai Kosi yang meluap membanjiri beberapa daerah.

Selanjutnya: India merayakan tonggak pemberian 1 miliar dosis vaksin COVID-19




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×