Banyak Debut Pasar Gagal, Regulator China Desak Penetapan Harga IPO Lebih Bijak

Selasa, 26 April 2022 | 08:51 WIB   Reporter: Adrianus Octaviano
Banyak Debut Pasar Gagal, Regulator China Desak Penetapan Harga IPO Lebih Bijak

ILUSTRASI. Bursa China. REUTERS/Aly Song/File Photo


KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Regulator China telah mendesak penjamin emisi untuk menetapkan harga penawaran umum perdana lebih masuk akal. Hal tersebut dilakukan setelah sepertiga dari lebih dari 100 listing baru sepanjang tahun ini jatuh pada debut perdagangan mereka.

“Bursa Efek Shanghai mengadakan pertemuan pekan lalu dengan beberapa bank penjamin emisi, meminta mereka untuk menetapkan harga IPO secara hati-hati,” kata juru bicara bursa, dikutip dari Reuters, Selasa (26/4).

Lebih lanjut, juru bicara tersebut bilang bursa juga mempertimbangkan untuk menggunakan kinerja saham yang baru dicatatkan untuk membantu menilai kualitas penjaminan emisi bank.

Adapun, IPO China sebagian besar ditanggung oleh bank-bank China, serta beberapa usaha patungan dengan bank asing.

Sebagian besar listing baru tahun ini yang jatuh di bawah harga IPO mereka diperdagangkan di STAR dan ChiNext, mencerminkan sentimen investor bearish dan keterampilan harga yang buruk dari penjamin emisi China.

Baca Juga: Lonjakan Covid-19 di China Menyeret Bursa Asia ke Zona Merah pada Senin (25/4)

China memperkenalkan sistem IPO gaya AS ketika meluncurkan STAR Market Shanghai yang berfokus pada teknologi tiga tahun lalu, dan kemudian memperluas reformasi ke dewan start-up Shenzhen ChiNext.

Di antara kinerja terburuk tahun ini, pembuat chip Vanchip Tianjin Technology Co anjlok 36% pada hari pertama perdagangannya, sementara pembuat elektronik Rigol Technologies anjlok 35%.

Sebelum reformasi, hampir semua IPO tunduk pada batasan harga yang diberlakukan oleh regulator - plafon yang cenderung memastikan float baru melonjak 44% pada debutnya, maksimum yang diizinkan.

Setelah reformasi, para bankir China, seperti rekan-rekan Barat mereka, harus menetapkan harga IPO yang mencerminkan potensi dan risiko pertumbuhan perusahaan, serta suasana pasar dan ekspektasi emiten.

Fang Xinghai, wakil ketua pengawas sekuritas China, mengatakan di Boao Asia Forum pekan lalu bahwa penjamin emisi China perlu meningkatkan keterampilan penetapan harga IPO mereka, dan memperkenalkan persaingan asing akan membantu.

Benchmark Shanghai Composite Index telah jatuh hampir seperlima tahun ini. Pasar STAR telah merosot 37%.

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru