kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berlian termahal dunia dijual seharga US$ 63 juta


Senin, 09 Mei 2016 / 16:44 WIB
Berlian termahal dunia dijual seharga US$ 63 juta


Sumber: Bloomberg | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JOHANNESBURG. Lucara Diamond Corp berhasil menjual perhiasan emas 813 karat senilai US$ 63 juta. Ini menjadikan perhiasan tersebut sebagai perhiasan termahal dunia.

Berdasarkan pernyataan resmi Lucara, penjualan perhiasan yang dinamakan The Constellation itu bernilai US$ 77.649 per karat. Dari penjualan tersebut, Lucara akan menyimpan sebesar 10% hasil penjualan sebagai laba ditahan.

Perhiasan tersebut dibeli oleh Nemesis International DMCC, yang merupakan perusahaan perdagangan berlian yang berbasis di Dubai.

Berlian tersebut ditemukan di tambang Karowe di Botswana milik Lucara. Tambang ini memang memiliki reputasi sebagai tambang yang menghasilkan batu berlian terbesar dan terbaik dunia.

Sebelumnya, berlian Lesedi Ia Rona dengan 1.109 karat -yang besarnya hanya sedikit lebih kecil dari bola tenis- merupakan berlian terbesar yang ditemukan dalam 100 tahun terakhir. Dengan penjualan The Constellation, maka prospek Lesedi Ia Rona pun ikut terangkat.

"Ini merupakan hasil yang hebat bagi Lucara dan sepertinya akan mendongkrak pamor penjualan Lesedi Ia Rona menjelang lelang. Penjualan dengan nilai US$ 63 juta di atas ekspektasi kami," jelas Edward Sterck, analis BMO Capital Markets Ltd yang berbasis di London.

Harga rekor tersebut menambah bukti bahwa berlian terbesar dan terjarang di dunia terbilang lebih tahan banting ketimbang berlian kasar.

Asal tahu saja, harga berlian kasar (yang belum dipotong dan dibentuk) anjlok 18% pada tahun lalu akibat rendahnya permintaan dan pengetatan kredit. Ini merupakan penurunan terbesar sejak krisis finansial pada 2008.  

Jika menerapkan perhitungan yang sama dengan nilai per karat The Constellation, maka harga Lesedia Ia Rona bisa mencapai US$ 86 juta.

Selain itu, berlian ketiga terbesar yang ditemukan yakni berlian Cullinan dengan berat 3.106 karat. Berlian ini ditemukan di dekat Pretoria di Afrika Selatan pada 1905 lalu.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×