kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Salah satu berlian terbesar dunia ditemukan di Angola


Selasa, 16 Februari 2016 / 15:45 WIB
Salah satu berlian terbesar dunia ditemukan di Angola


Sumber: money.cnn | Editor: Mesti Sinaga

Sebutir berlian ukuran besar yang akan mengisi jajaran berlian-berlian terbesar di dunia telah ditemukan di Anggola. Perusahaan penambangan berlian Lucapa mengumumkan penemuan tersebut kemarin, Senin (15/2).

Berlian berukuran 404,2 karat sepanjang 7 centimeter itu diperoleh dalam penambangan yang dilakukan Lulo Diamond Project.

Lulo Diamond Project merupakan perusahaan kemitraan antara Endiama, perusahaan berlian nasional Angola, Lucapa Diamond Company, dan investor  swasta Rosas & Pétalas.

Lucapa menyatakan, retailer berlian asal New York,  Yehuda,  telah  menguji kejernihan (clarity) dan warna (color) berlian tersebut.

Hasilnya, Yehuda mengkategorikan clarity berlian tersebut ke dalam tipe IIa, alias nyaris sempurna (virtually flawless).

Untuk warna, masih menurut Lucapa, berlian asal Angola itu masuk kategori D-colered alias  sepenuhnya bening atau tanpa warna.

Berdasarkan Gemological Institute of America, berlian dengan kategori D-colered adalah yang paling langka dan paling berharga.

The Lulo Diamond Project memulai eksplorasinya di atas lahan seluas 1.148 mil persegi di pusat Angola pada 2015. Sejauh ini, di area tersebut telah ditemukan lebih dari 60 bongkahan berlian ukuran besar.  

Angola merupakan produsen berlian terbesar keempat di dunia. Penemuan berlian 404,2 karat ini  menjadi   berlian terbesar yang pernah ditemukan di negara ini.

Sebelum rekor berlian terbesar yang ditemukan di Angola dipegang oleh berlian 217,4 karat yang ditemukan 2007  dan dijuluki sebagai “Bintang Angola”.

Adapun rekor berlian terbesar yang pernah ditemukan di dunia dipegang oleh berlian 3.106 karat yang diberi nama “Cullinan”.

Cullinan  ditemukan tahun 1905 di Afrika Selatan , dan telah dipotong-potong menjadi permata yang menghiasi mahkota kerajaan Inggris Raya dan dipajang di Tower of London.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×