CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.006,12   -9,89   -0.97%
  • EMAS973.000 0,21%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bill Gates Sebut Bakal Ada Pandemi yang Jauh Lebih Buruk Daripada Covid-19


Kamis, 20 Januari 2022 / 07:08 WIB
Bill Gates Sebut Bakal Ada Pandemi yang Jauh Lebih Buruk Daripada Covid-19
ILUSTRASI. Bill Gates telah memperingatkan pandemi yang lebih buruk daripada yang sekarang.


Sumber: Yahoo News | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Ketika kasus Covid-19 yang didorong oleh varian Omicron melonjak di seluruh dunia, Bill Gates telah memperingatkan pandemi yang lebih buruk daripada yang sekarang.

Komentarnya muncul ketika The Bill & Melinda Gates Foundation dan badan amal biomedis Inggris Wellcome Trust pada hari Selasa menjanjikan kucuran dana senilai US$ 150 juta masing-masing kepada Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI) dalam perang melawan Covid-19 dan untuk mempersiapkan pandemi di masa depan.

Mengutip Yahoo News, kemitraan global CEPI didirikan bersama lima tahun lalu selama epidemi Ebola. Koalisi ini memimpin Covax, inisiatif untuk mendistribusikan vaksin Covid-19 di negara berkembang.

Empat belas proyek vaksin, termasuk AstraZeneca, Moderna dan Novavax, juga didanai oleh CEPI.

Baca Juga: Kekayaan 10 Orang Terkaya di Dunia Berlipat Ganda Selama Pandemi Covid-19

"Vaksin itu membuat perbedaan besar, menyelamatkan banyak nyawa dan keluar dengan sangat cepat," kata Gates seperti dikutip oleh kantor berita AFP.

"Tapi gambarannya beragam... kami tidak mendapatkan kuantitas ke negara-negara berkembang secepat yang kami inginkan," tambahnya.

CEPI sedang mencoba untuk mengumpulkan dana senilai US$ 3,5 miliar untuk secara drastis mengurangi waktu yang dibutuhkan  memproduksi vaksin dalam waktu 100 hari.

Gates mendesak pemerintah untuk menyumbangkan miliaran dolar untuk mencegah penyebaran pandemi di masa depan yang dapat mencakup kematian yang jauh lebih buruk daripada pandemi Covid.

Baca Juga: Cemaskan Omicron, Bill Gates Ingatkan AS Bisa Masuki Bagian Terburuk dari Pandemi

Dia menambahkan, menjadi tanggungjawab para dermawan dan pemerintah kaya untuk mengatasi ketidakadilan vaksin dan mendesak pemerintah untuk berkontribusi lebih banyak.

"Ketika kita berbicara tentang menghabiskan miliaran untuk menyelamatkan ... kerusakan ekonomi yang bernilai triliunan dan puluhan miliar nyawa, itu adalah polis asuransi yang cukup bagus," kata Gates seperti dikutip oleh surat kabar Financial Times.

Jeremy Farrar, direktur Wellcome, mengatakan pada konferensi pers bahwa tanggapan yang benar-benar global diperlukan dan mendesak pemerintah untuk meningkatkan kontribusi mereka.

CEO CEPI Richard Hatchett mengatakan, "Penyebaran varian Omicron selama dua bulan terakhir menunjukkan cara-cara di mana kita harus siap, baik dalam hal kecepatan dan skala respons kita, untuk menanggapi ancaman di masa depan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×