kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat Gejala Hepatitis A yang Diduga Karena Stoberi, Merebak di Amerika dan Kanada


Kamis, 02 Juni 2022 / 08:11 WIB
Catat Gejala Hepatitis A yang Diduga Karena Stoberi, Merebak di Amerika dan Kanada
ILUSTRASI. AS dan Kanada saat ini sedang menyelidiki wabah hepatitis A yang berpotensi terkait dengan stroberi organik. KONTAN/Baihaki


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Pejabat kesehatan masyarakat AS mengatakan, saat ini mereka sedang menyelidiki wabah hepatitis A di Amerika Serikat dan Kanada yang berpotensi terkait dengan stroberi organik.

Melansir New York Times, pejabat kesehatan Amerika mengatakan wabah kemungkinan besar berasal dari stroberi organik segar bermerek FreshKampo dan H-E-B yang dibeli antara 5 Maret dan 25 April.

Menurut Food and Drug Administration (FDA), stroberi dijual di toko-toko termasuk Aldi, H-E-B, Kroger, Safeway, Sprouts Farmers Market, Trader Joe's, Walmart dan Weis Markets.

FDA menyarankan, stroberi tersebut saat ini sudah kedaluwarsa, dan orang yang membelinya antara 5 Maret dan 25 April harus membuangnya, bahkan jika mereka membekukannya untuk dimakan nanti.

Di Amerika Serikat, FDA mengatakan telah mengidentifikasi 17 kasus hepatitis A yang terkait dengan stroberi — 15 di California dan masing-masing satu di Minnesota dan North Dakota. Dua belas orang telah dirawat di rumah sakit, kata badan tersebut.

Baca Juga: Wabah Hepatitis A di AS dan Kanada, Kenali Ciri-Ciri Gejala Penyakit Menular Ini

Di Kanada, pejabat kesehatan mengatakan mereka telah mengkonfirmasi 10 kasus - empat di Alberta dan enam di Saskatchewan. Empat orang telah dirawat di rumah sakit di negara itu.

Tidak ada kematian terkait dengan stroberi yang dilaporkan di Amerika Serikat atau Kanada, menurut pejabat di kedua negara.

Hepatitis A adalah virus menular yang dapat menyebabkan penyakit hati. Hal ini dapat ditularkan ketika makanan dikonsumsi setelah ditangani oleh seseorang yang tidak mengikuti kebersihan cuci tangan yang benar.

Baca Juga: 4 Langkah yang Harus Dilakukan Jika Muncul Gejala Hepatitis Akut pada Anak

Gejala biasanya berkembang 15 sampai 20 hari setelah makan makanan yang terkontaminasi dan dapat mencakup kelelahan, mual, muntah, sakit perut, penyakit kuning, urin berwarna gelap dan tinja pucat.

Orang yang meyakini bahwa mereka mungkin terinfeksi atau mungkin telah memakan stroberi yang tercemar dalam dua minggu terakhir harus segera mendatangi penyedia layanan kesehatan di dekat lokasi tempat tinggal mereka.

Melansir pbs.org, FreshKampo yang berbasis di Meksiko, yang menanam stroberi, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan regulator untuk menentukan bagaimana masalah itu terjadi. FreshKampo mengatakan label pada wadah stroberi yang berpotensi terkena dampak menuliskan kata "Produk Meksiko" atau "Didistribusikan oleh Meridien Foods."

Dalam sebuah pernyataan di situs webnya, toko kelontong Texas H-E-B mengatakan belum menerima atau menjual stroberi organik dari pemasok yang bersangkutan sejak 16 April. H-E-B mengatakan siapa pun yang masih memiliki stroberi harus membuangnya atau mengembalikannya ke toko tempat mereka dibeli. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×