kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China menunggu stabilitas di Afghanistan sebelum dialog tentang ekonomi


Kamis, 19 Agustus 2021 / 09:37 WIB
China menunggu stabilitas di Afghanistan sebelum dialog tentang ekonomi
ILUSTRASI. Helikopter mengibarkan bendera China. REUTERS/Lam Yik


Sumber: Al Jazeera | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - SHENZHEN, CHINA. Dalam beberapa waktu ke depan, China akan menghadapi ketegangan terkait dengan keterlibatan ekonomi dan keamanan di Afghanistan atau mempertaruhkan nasib negara-negara besar lainnya dengan terlibat dalam konflik yang menguras keuangan mereka dan banyak nyawa.

Kekhawatiran China atas stabilitas di kawasan itu dan potensi kekosongan keamanan yang membuat militan di sana lebih besar daripada keinginan untuk memanfaatkan kekayaan mineral Afghanistan dan memajukan koneksi infrastruktur regional lebih lanjut melalui daerah itu dalam waktu dekat.

Pengambilalihan negara secara tiba-tiba oleh pasukan Taliban, dua minggu sebelum pasukan Amerika Serikat dimaksudkan untuk ditarik sepenuhnya setelah hampir dua dekade konflik di sana, telah menempatkan China dalam posisi yang tidak pasti ketika mencoba untuk menentukan bagaimana menghadapi tetangga barunya yang berkuasa di Kabul.

Baca Juga: Pemimpin Taliban mulai melakukan pembicaraan tentang pembentukan pemerintahan baru

“Sangat penting bagi China untuk melihat bagaimana Taliban menstabilkan situasi,” Zhang Li, seorang profesor di Institut Studi Asia Selatan Universitas Sichuan, mengatakan kepada Al Jazeera. 

“Saya pikir langkah yang paling penting adalah rekonsiliasi politik. Pembicaraan tentang keterlibatan ekonomi utama terlalu dini,” tambahnya.

Pertemuan antara kepemimpinan Taliban dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi pada akhir Juli penting untuk meletakkan dasar bagi komunikasi lebih lanjut antara kedua pihak, terutama bagi China dalam menandakan kepentingan signifikannya dalam hasil yang stabil serta jaminan keamanan, kata Zhang. 

Pernyataan seperti dari kementerian luar negeri China pada hari Senin tentang menjaga "hubungan persahabatan dan kerja sama" dengan Afghanistan kemungkinan akan berlanjut selama situasi tetap stabil dan Taliban menepati janjinya tentang keterlibatan dengan entitas politik lain di negara itu.

“China menjelaskan dengan jelas bahwa situasi di lapangan harus stabil, dan mereka ingin melihat perkembangan positif,” kata Zhang. 

“Jika Taliban dapat menepati janjinya dengan baik dan meningkatkan keamanan, tidak membiarkan militan menyerang negara lain, termasuk China, saya pikir sangat mungkin bagi China untuk mempertimbangkan keterlibatan ekonomi secara besar-besaran,” terangnya.

Selanjutnya: Presiden Ghani membantah membawa banyak uang saat meninggalkan Afghanistan




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×