kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

CJ Group siap jual bisnis logistik di Cina US$ 1 miliar


Kamis, 08 Oktober 2020 / 17:53 WIB
CJ Group siap jual bisnis logistik di Cina US$ 1 miliar
ILUSTRASI. Bisnis logistik di China.


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Konglomerasi asal Cina CJ Group berencana menjual unit bisnisnya di Cina CJ Rokin Logistics Supply Chain Co. Sumber Bloomberg, Kamis (8/10) bilang rencana ini dilakukan lantaran pesatnya pertumbuhan pasar daring selama pandemi. 

Sayang CJ Logistics masih enggan berkomentar terkait hal ini. Asal tahu permintaan logistik, terutama akibat melonjaknya belanja masyarakat di pasar daring turut membuat sejumlah perusahaan logistik ketiban untung.

Selain CJ Logistics, adapula MBK Partners yang kembali berencana menjual lini bisnis logistiknya yaitu China Apex Logistics International Inc senilai US$ 1 miliar.

Baca Juga: Samsung ketiban durian runtuh usai Huawei terus-terusan diserang AS

CJ Rokin yang memiliki spesialisasi untuk cold supply chain dan bahan-bahan kimia ditaksir bakal dilepas pada harga US$ 1 miliar. CJ Group pun disebut sumber Bloomberg telah menerima sejumlah penawaran dari sejumlah perusahaan logistik maupun perusahaan investasi lain. 

CJ Rokin tercatat memiliki lebih dari 400 kendaraan khusus logistik cold suplly chain, dan lebih dari 260.000 meter persegi gudang dengan pengendali temperatur. Sejumlah perusahaan besar seperti PepsiCo, Ferrero Group, Swiss Novartis juga merupakan pelanggan utama.

Adapula 260 kendaraan yang dimiliki CJ Rokin khusus untuk mengangkut bahan-bahan kimia yang berbahaya. CJ Rokin didirikan pada 1985 oleh Zhang Yurong dan Zhang Yuqing. Adapun CJ mengakuisisi Rokin pada 2015 senilai KRW 455 atau setara US$ 392 juta, dan telah mengucurkan tambahan investasi KRW 312. CJ Rokin merupakan bagian dari CJ Logistics yang juga berada di AS, India, Vietnam, Malaysia, dan UEA.

Baca Juga: Terbitkan obligasi berdenominasi dolar AS, China bidik dana segar US$ 6 miliar

Berkat rencana ini, saham CJ Logistic, Rabu (7/10) kemarin tercatat naik 2% pada awal perdagangan saat indeks Kospi merosot 0,5%. Adapun sepanjang 2020, saham perusahaan tercatat sudah meningkat 17%, dan membuat valuasi CJ Loistics menjadi US$ 3,5 miliar. 

Selanjutnya: Negara ini akan tambah hadiah bagi orang tua yang ingin punya anak




TERBARU

[X]
×