kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dua investor Generali berencana mencari CEO baru


Minggu, 12 September 2021 / 10:23 WIB
Dua investor Generali berencana mencari CEO baru
ILUSTRASI. Logo Generali . REUTERS/Benoit Tessier/File Photo GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - MILAN. Dua investor Generali disebut siap mendorong untuk mencari pengganti CEO saat ini Philippe Donnet. Hal tersebut akan dilakukan  jika pemegang saham perusahaan asuransi tersebut gagal mencapai kesepakatan untuk mempertahankan Donnet.

Mengutip Reuters, perusahaan asuransi yang berbasis di Trieste akan menunjuk direksi baru pada musim semi mendatang dan ada spekulasi mengenai masa depan Donnet yang telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir karena ketegangan di antara pemegang saham membara.

Dalam hal ini, dua investor Generali yang dimaksud ialah Francesco Gaetano Caltagirone dan Leonardo Del Vecchio. Jika digabung, kepemilikan saham keduanya mencapai 10,95% saham dari Generali.

Pengangkatan kembali Donnet berada di tangan pemegang saham Generali yang untuk pertama kalinya dapat mengajukan daftar calon dewannya sendiri setelah perusahaan asuransi mengubah anggaran rumah tangganya tahun lalu.

Sumber Reuters mengatakan dua investor tersebut siap untuk mengajukan daftar nominasi direksi mereka sendiri. Dalam daftar itu tidak mencakup nama Donnet meskipun dia bersedia mencalonkan diri untuk mandat lain.

Baca Juga: Covid-19 mulai melandai, karyawan Generali belum ada rencana kembali ke kantor

Sementara itu, Donnet sudah membuat rencana bisnis baru untuk Generali yang akan jatuh tempo pada bulan Desember.  Ia juga sudah mengarahkan perusahaan untuk melewati krisis COVID-19 dan menjaganya tetap di jalurnya untuk sepenuhnya memenuhi tujuan berdasarkan rencana saat ini hingga akhir 2021.

Meski demikian, selama setahun terakhir, Caltagirone dan Del Vecchio telah mengkritik strategi Donnet yang mereka anggap terlalu berhati-hati dalam mencari peluang merger dan akuisisi. Kedua pengusaha ini dinilai akan mengusulkan ketua baru dengan profil internasional yang mapan untuk mengawasi strategi pertumbuhan Generali.

Saat ini, Donnet masih mendapat dukungan dari Alberto Nagel, CEO bank Milanese Mediobanca, yang merupakan investor utama Generali dengan 12,9% saham, serta banyak anggota dewan di perusahaan asuransi. Hanya saja, Del Vecchio dan Caltagirone juga masing-masing merupakan investor terbesar pertama dan kedua di Mediobanca.

Namun, kompromi di antara pemegang saham masih dimungkinkan dan salah satu solusinya adalah penunjukan direktur pelaksana yang didukung oleh Del Vecchio dan Caltagirone yang akan bekerja bersama Donnet.

Para pemegang saham Generali akan melakukan pertemuan penting pada 27 September dan akan memulai proses untuk menyerahkan daftar nominasinya sendiri.

Sebelum itu, dalam upaya nyata untuk menemukan titik temu, anggota direksi non-eksekutif Generali akan bertemu pada 14 September dan Donnet tidak akan menghadiri pertemuan tersebut karena dia adalah anggota eksekutif.

Selanjutnya: Perusahaan asuransi jiwa gencar keluarkan produk baru yang menyasar milenial




TERBARU

[X]
×