kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45873,54   10,25   1.19%
  • EMAS1.350.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Filipina Desak China Hindari Tindakan Berbahaya di Laut China Selatan


Kamis, 20 Juni 2024 / 08:00 WIB
Filipina Desak China Hindari Tindakan Berbahaya di Laut China Selatan
ILUSTRASI. Pada Rabu (19/6/2024), Filipina mendesak China untuk menghindari tindakan yang membahayakan pelaut dan kapal di Laut China Selatan.


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - MANILA. Pada Rabu (19/6/2024), Filipina mendesak China untuk menghindari tindakan yang membahayakan pelaut dan kapal di Laut China Selatan.

Filipina mengatakan perdamaian tidak dapat dicapai jika kata-kata China tidak sesuai dengan perilakunya di perairan yang disengketakan.

Melansir Reuters, Kementerian Luar Negeri Filipina mengecam tindakan China yang “ilegal dan agresif” selama misi pasokan rutin pada 17 Juni. 

Menurut penuturan militer Filipina, tindakan China telah melukai seorang pelaut angkatan laut dengan serius dan merusak kapal-kapal Manila.

“Departemen telah mengerahkan upaya untuk membangun kembali lingkungan yang kondusif untuk dialog dan konsultasi dengan China mengenai Laut China Selatan,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Dijelaskan pula, “Hal ini tidak dapat dicapai jika kata-kata Tiongkok tidak sejalan dengan tindakan mereka di perairan tersebut.”

Seorang pelaut Filipina menderita luka serius setelah apa yang oleh militer Filipina digambarkan sebagai "serudukan berkecepatan tinggi yang disengaja" oleh Penjaga Pantai China. 

Baca Juga: Konflik di Laut China Selatan Memanas, Filipina Mulai Berani Hadapi China

Aksi itu bertujuan untuk mengganggu misi pasokan bagi pasukan yang ditempatkan di Second Thomas Shoal.

Penjaga Pantai China membantah pernyataan tersebut, dengan mengatakan bahwa kapal Manila dengan sengaja dan berbahaya mendekati kapal China dengan cara yang tidak professional.

Kondisi itu memaksa kapal tersebut untuk mengambil tindakan pengendalian, termasuk “inspeksi naik kapal dan pengusiran paksa”.

Seorang juru bicara militer mengatakan pelaut tersebut, yang menerima medali untuk personel yang terluka dari panglima militer pada hari Rabu, kehilangan satu jarinya dan sedang dalam masa pemulihan di rumah sakit.

Personel Penjaga Pantai China, yang menurut pejabat militer Filipina membawa pisau dan tombak, menjarah senjata api dan “sengaja menyeruduk” kapal Filipina yang terlibat dalam misi tersebut.

“Mereka tidak mempunyai hak atau wewenang hukum untuk membajak operasi kami dan menghancurkan kapal-kapal Filipina,” kata panglima militer Romeo Brawner dalam sebuah pengarahan pada hari Rabu. 

Baca Juga: China: AS Provokasi Perlombaan Senjata di Laut China Selatan

“Mereka menaiki kapal kami secara ilegal, mereka mendapatkan peralatan kami, mereka bertindak seperti bajak laut,” tambah Brawner.

Sebagai tanggapan, Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengatakan, China tidak mengambil tindakan langsung terhadap personel Filipina.




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×